blank
Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, bersama jajaran Forkopimda saat kegiatan Pantauan Natal di Gereja-gereja, Senin (25/12/2023). Foto: Humas Pemkot

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Perayaan rangkaian misa Natal di Kota Semarang berjalan dengan lancar dan kondusif. Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengapresiasi keterlibatan TNI-Polri, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan stakeholders terkait upaya penanganan dan pengamanan Natal.

“Alhamdulillah saya sangat senang karena Natal di Kota Semarang suasana sangat kondusif, kemudian masyarakat juga senang karena sudah tidak ada covid-19. Kami berharap masyarakat tenang menjalankan ibadah dengan tenang karena masih ada beberapa gereja yang menggelar ibadah,” ujar Mbak Ita, sapaannya di sela-sela kegiatan Pantauan Natal di Gereja-gereja, Senin (25/12/2023).

Pada kunjungannya itu, dirinya didampingi Forkopimda Kota Semarang menyapa para jemaat yang sedang melaksanakan ibadah Natal. Masyarakat menyambut baik dan memberikan apresiasi terkait upaya Pemerintah Kota Semarang dalam mengamankan ibadah.

“Kita juga bahagia karena bisa mensupport masyarakat atau saudara-saudara kita yang merayakan dengan aman, kondusif. Banyak saudara muslim juga yang men-support kenyamanan keamanan beribadah,” ucap dia.

Sementara itu, Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar menambahkan, pelaksanaan Operasi Candi Lilin hari ketiga di Kota Semarang berjalan lancar. Petugas siaga di 209 gereja yang melaksanakan ibadah Natal.

Dari rangkaian pengamanan yang dilaksanakan, tak ada gangguan keamanan dan ketertiban yang terjadi saat Natal. Hanya saja memang ada kejadian-kejadian menonjol seperti begal yang telah diungkap beberapa waktu lalu.

“Situasi secara umum kondusif walaupun ada beberapa kejadian misalnya ada di kasus pembegalan yang ada di Semarang Barat pada hari yang lalu tapi sudah tertangkap pelakunya ada dua orang,” imbuhnya.

Hery Priyono