Kepala BBPJT, Dr. Syarifuddin bersama tim berfoto bersama Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta usai gelar audiensi. Foto: Dok/BBPJT

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT), Dr. Syarifuddin melakukan audiensi dengan Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta yang berlangsung di Hotel d’Season Premiere Jepara, belum lama ini.

Dalam audiensi dihadiri Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara, Zamroni Lestiaza, serta jajaran Disdikpora, diantaranya, Kabid SD, Edy Utoyo, dan Kabid SMP, Ahmad Nurrofiq.

Sementara itu Kepala BBPJT didampingi Koordinator KKLP Pelindungan dan Pemodernan Bahasa dan Sastra, Shintya, bersama tim revitalisasi bahasa daerah.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Syarifuddin, menyatakan, audiensi tersebut dilaksanakan dalam rangka program revitalisasi bahasa daerah. Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah melalui Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) Pelindungan dan Pemodernan Bahasa dan Sastra telah melaksanakan revitalisasi bahasa daerah selama tiga tahun sejak 2021-2023.

“Program tersebut merupakan pelaksanaan program Merdeka Belajar Episode ke-17, Revitalisasi Bahasa Daerah. Balai Bahasa mengajak 35 pemerintah kabupaten/kota di Jawa Tengah untuk bersama-sama melaksanakan program ini,” ujar Syarifuddin.

Menurutnya, program revitalisasi bahasa daerah tersebut diawali dengan rapat koordinasi dengan pakar, rapat koordinasi dengan pemerintah daerah dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah, pelatihan guru utama, diseminasi revitalisasi bahasa daerah di 35 kabupaten/kota oleh guru yang dilatih di kabupaten/kota masing-masing, Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat kabupaten/kota, dan puncaknya adalah FTBI tingkat Provinsi Jawa Tengah.