Kejurkab Karate tingkat Kabupaten Blora, diikuti 262 pelajar tingkat SD, SMP dan SMA. di GOR Mustika Blora, Senin, 18 Desember 2023.  Foto: Kudnadi Saputro Blora 

BLORA (SUARABARU.ID) —  Sebanyak 262 karateka ikuti Kejurkab Karate tingkat Kabupaten Blora  2023, yang digelar oleh  Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Kabupaten Blora Jawa Tengah, di GOR Mustika Blora, Senin, (18/12/2023).

Kejuaraan Karate tingkat kabupaten (Kejurkab) yang pertama kali digelar dan dibuka oleh Bupati Blora  tersebut, diikuti pelajar tingkat SD, SMP dan SMA.

Ketua Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Kabupaten Blora, Luluk Kusuma Agung Ariadi menyampaikan bahwa pembinaan karate sejak usia dini sangat penting sekali, untuk penanaman karakter sehingga anak.

“Pada usia ini perlu dibina dan diberikan penanaman karakter sehingga anak dapat memiliki rasa tanggung jawab, sopan dalam beretika, rendah hati, menghargai terhadap sesama, dan berjiwa kesatria,” ujar Luluk Kusuma Agung Ariadi.

Karakter muda harus di dorong, lanjut Luluk Kusuma Agung Ariadi, untuk mengenali potensi diri dan berprestasi melalui latihan yang sistematis dan terancang serta aktif ikut serta dalam even-even pertandingan karate.

“Seorang karateka diuji fisik dan mentalnya untuk dapat mengalahkan ego dan emosi dalam diri sendiri ketika mengalahkan lawan dalam arena pertandingan. Yang tak kalah penting, seorang karateka harus memiliki jiwa sportif, peduli terhadap sesama dan berbudi luhur,” ungkap Ketua Forki Kabupaten Blora.

Pada kesempatan itu,  Bupati Blora H. Arief Rohman menyatakan mendukung penuh Kejurkab Karate yang digelar oleh Forki Blora tersebut.

“Atas nama Pemkab Blora saya mengucapkan terimakasih kepada segenap pengurus Forki Blora dan semua pelatih. Saya mendukung penuh Kerjukab ini dalam upaya menggiatkan prestasi olahraga karate di Kabupaten Blora,” ucap Bupati Blora yang juga Ketua PW Pagar Nusa Jawa Tengah itu.

Menurut Bupati Blora, bahwa kejuaraan tersebut merupakan event olahraga yang perlu dirutinkan untuk mencari bibit-bibit karate berprestasi. Dikatakan, pembibitan dan pembinaan atlet sejak usia dini sangat diperlukan untuk meraih prestasi maksimal.

Bupati Blora meminta kepada seluruh atlet agar bertanding dengan baik dan selalu menjaga sportifitas yang tinggi.

‘’Selamat mengikuti Kejurkab. Lakukan yang terbaik dan jaga selalu sportivitas untuk meraih prestasi. Diharapkan, dari event ini nantinya bisa terpilih atlet Karate Blora yang mengikuti Kejurprov bahkan Kejurnas . Selain itu akan muncul atlet muda berbakat yang nantinya akan membawa nama Blora di berbagai even,” tandas Bupati Blora.

Kudnadi Saputro