Delegasi FTP USM yang dipimpin Prof. Haslina (4 dari kiri) didampingi oleh Koordinator Koordinator Asia Pacific Net Work SAFE, Prof. Novizar Nazir, (No. 3 dari kiri) diterima Rektor USIM Prof. Dato TS. Dr. Sharifudin MD Shaarani (5 dari kiri) dan Dekan FST USIM Prof. TS. Mohd. Ikmar Nizam Mohamad Isa (3 dari kanan) di kantor rektorat.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Fakultas Sain dan Teknologi (FST) Universiti Sain Islam Malaysia (USIM) menawarkan beberapa bidang kerja sama antara lain bidang akademik dan bidang nonakademik ke Universitas Semarang (USM).

Pada bidang akademik, kerja sama meliputi pengiriman dosen tamu, sedangkan pada bidang nonakademik yang paling memungkinkan adalah riset kolaborasi dan publikasi artikel ilmiah.

Hal itu diungkapkan Wakil Dekan FST Bidang Akademik, Dr. Farah Wahida Harun saat menyambut delegasi FTP USM dan Koordinator Asia Pacific Network for Sustainable Agriculture Food and Energy (SAFE), Prof. Novizar Nazir di ruang sidang fakultas di Jl. Bandar Baru Nilai 71800 Negeri Sembilan Malaysia, , Kamis (14/12).

Menurutnya, pengiriman dosen tamu untuk penyampaian materi kuliah atau seminar baik secara offline ataupun online sangat dimungkinkan dari FST USIM ke FTP USM atau sebaliknya.

Dia berharap, pertemuan saat itu sebagai langkah awal untuk kemudian disusul dengan kegiatan-kegiatan lain dan seterusnya.

”Untuk bidang riset, FST USIM memiliki skema riset kolaborasi antarbangsa senilai RM 20.000 (bidang sains dan teknologi) dan RM 5.000 (sains sosial),” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Prof. Novizar berharap, kegiatan yang ringan dan jangka pendek dilaksanakan dahulu untuk implementasi Letter of Intent (LoI) yang sudah ditandatangani antara kedua pimpinan fakultas.

”Sesudah itu nanti antarrektor. Jangan sampai diawal menggebu-nggebu kemudian tanpa aksi dan kemudian mati,” ungkap Noviar yang dibenarkan Dr. Farah Wahida Harus, dan disetujui oleh Prof. Haslina, selaku ketua delegasi FTP USM.

Pada kesempatan itu, delegasi FTP USM memaparkan materi sekaligus beberapa contoh produk hasil riset yang sudah diproduksi untuk kegaitan pengabdian kepada masyarakat seperti mi instan merek Mi Jowo, minuman instan dari rambut jagung, teh Kombucha dengan pewarna ekstrak buah Duwet, teh herbal dari Secang, marshmallow dan nasi jagung instan yang memperoleh respon baik.

Usai pertemuan, delegasi USM diberi kesempatan untuk melihat dari dekat aktivitas di beberapa laboratorium yang ada di kampus FST USIM.

Pada pertemuan sebelumnya, delegasi FTP USM yang didampingi Prof. Novizar Nazir sudah diterima Rektor Universitas Sains Islam Malaysia, Prof. Dato TS. Dr. Sharifudin MD Shaarani dan jajaran rektorat di ruang kerjanya.

Kehadiran delegasi FTP USM saat itu disambut hangat oleh Prof Dato dan staf rektorat. Prof Dato menyatakan keinginannya mengundang Rektor USM melawat ke USIM untuk penandatanganan memorandum of understanding (MoU).

Dalam kunjungan tersebut, Rektor USIM menyampaikan salam kepada Rektor USM, Dr Supari ST MT.

Muhaimin