Menyongsong Nataru, Polres Wonogiri bersama Jasa Raharja, memasang tambahan rambu baru berisi peringatan di titik-titik black spot yang dinilai rawan kecelakaan.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam mempersiapkan pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2023, dan demi menyambut keramaian perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Polres Wonogiri menambah pemasangan rambu-rambu lalu lintas baru. Lokasinya di titik-titik black spot yang memiliki potensi kerawanan kecelakaan.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah dan Kasat Lantas AKP Edy Prasetyo melalui Kasi Humas AKP Anom Prabowo, mengabarkan, pemasangan tambahan rambu baru berisi peringatan ”Hati-hati Sering Terjadi Kecelakaan” tersebut, dilakukan Rabu (13/12) bersama pihak Jasa Raharja.

Tempat pemasangan tambahan rambu baru tersebut, berada di titik rawan kecelakaan yang masuk dalam peta black spot. Pertama, berlokasi di Kilometer (KM)-4 ruas jalan raya antarprovinsi Wonogiri (Jateng)-Ponorogo (Jatim), tepatnya di Bululusur, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Kedua, berlokasi di KM-5 ruas jalan raya Wonogiri-Solo, tepatnya di Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Di dua lokasi tersebut, masyarakat selama ini mengenalnya sebagai jalur tengkorak, atau kawasan rawan fatalitas kecelakaan lalu lintas.

Menurut Kasat Lantas Polres Wonogiri AKP Edy Prasetyo, tujuan penambahan pemasangan baru rambu lalu lintas di dua lokasi tersebut, bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas). Harapannya, dengan rambu peringatan tersebut, masyarakat akan bersikap waspada dan berhati-hati dalam berkendaraan.

Jaga Jarak

Dalam berkendaraan, utamanya di titik-titik black spot tersebut, senantiasa memperhatikan rambu, mengendalikan laju kecepatan dan menjaga jarak aman. Ini semua penting dikedepankan, demi upaya menghindarkan kecelakaan.

Bersama itu, personel Satlantas Polres Wonogiri juga meningkatkan kegiatan patroli dialogis di lokasi black spot dan di tempat rawan lainnya. Kepada warga masyarakat, diimbau, dalam berkendaraan senantiasa mengedepankan Keamanan Keselamatan Ketertiban Berlalu-lintas (Kamseltibcarlantas).

Sehingga pada saatnya nanti dalam melaksankan perayaan Natal Tahun 2023 dan penyambutan Tahun Baru 2024, situasinya tetap kondusif. Berlangsung dalam suasana penuh bahagia dan terhindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baik saat melakukan perjalanan berangkat menuju ke gereja maupun ketika pulang dari kebaktian, atau ketika mendatangi tempat keramaian perayaan Tahun Baru. Semuanya dapast berlangsung dalam suasana aman, nyaman, tertib dan lancar.

Untuk mewujudkan hal tersebut, masyarakat diseru agar tetap mentaati peraturan lalu lintas, dengan mengutamakan aspek keselamatan di jalan. Baik demi keselamatan diri maupun keselamatan bagi orang lain, agar terhindarkan dari kecelakaan.
Bambang Pur