blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko meminta agar anak-anak dilindungi dari kepentingan politik. Tenaga layanan anak di daerah itu dia minta ikut membangun kesadaran orang tua agar tidak membawa anak-anak menghadiri kampanye Pemilu.

Permintaan itu dia sampaikan saat membuka pelatihan konvensi hak anak yang berlangsung di Ruang Rapat R.M.P. Sosrokartono Jepara pada Senin, 11 Desember 2023. Kegiatan yang diikuti unsur perangkat daerah serta puluhan tenaga layanan yang bersentuhan langsung dengan anak itu, memang berlangsung pada masa kampanye Pemilu 2024.

Edy Sujatmiko mencontohkan keberadaan alat peraga kampanye peserta pemilu. Karena ketidaktahuannya, bisa jadi ada anak mengambil bendera parpol hanya agar ada yang dikibarkan saat mendatangi sebuah majelis selawatan.

“Lalu menimbulkan ide untuk mengerahkan anak agar mengambil bendera parpol tertentu. Ini nanti masuknya malah ke pelanggaran hukum karena merusak alat peraga. Hal-hal seperti harus kita antisipasi,” kata Edy Sujatmiko.

Dia memastikan, pemerintah daerah melindungi dan memenuhi hak anak yang tercantum dalam konvensi hak anak. Di antaranya, Jepara sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) terus membangun dan penyesuaian Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) yang ada.

“Titip. Tolong rawat anak-anak dengan baik. Penuhi haknya. Pastikan tumbuh kembangnya. Jangan sampai stunting,” tambahnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Jepara Widyo Nugroho mengatakan, kegiatan ini diikuti puluhan peserta. Mereka berasal dari unsur perangkat daerah, forum anak, hingga forum genre. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan implementasi konvensi haka nak bagi para tenaga layanan yang bersentuhan langsung dengan anak.

blank

Pihaknya menghadirkan narasumber Yuli Sulistiyanto dari Yayasan Setara. “Semoga tiap indikator dalam program Kabupaten Layak Anak (KLA) dapat terus meningkat,” katanya.

Hadepe – Bkp