blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) Pelatihan Peningkatan Kemampuan Pelayanan Prima kepada Pengelola Glamorous Camping Kema Merbabu Kabupaten Boyolali, baru-baru ini.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) memberikan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Pelayanan Prima kepada Pengelola Glamorous Camping Kema Merbabu Kabupaten Boyolali, baru-baru ini.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Muchammad Satrio Wibowo, S.Kel., M.Sc., anggota Faisal Yusuf, B.A., M.M., M.B.A., dan Urania Heptanti, S.St Par., M. MPar.Kegiatan diikuti 22 karyawan.

Menurut Ketua Tim PkM USM, Muchammad Satrio Wibowo, hospitality menjadi hal yang utama dalam industri pariwisata, tidak terkecuali tentang pelayanan prima.

”Pelayanan prima bisa menjadi ujung tombak dalam memberi pengaruh kepuasan wisatawan yang datang,” kata Satrio.

Selama kegiatan, para peserta mendapatkan materi tentang pengertian pelayanan prima dan jenis-jenis pelayanan prima yaitu ada greeting, menjawab telepon, dan menanggapi keluhan pelanggan. Selain penyampaian materi, peserta juga melakukan praktik langsung dalam mmemberikan pelayanan prima.

Asisten Operational Manajer, Windayati mengatakan, kegiatan PkM dari USM sangat positif untuk staff Kema Merbabu. Mereka mendapat tambahan pengetahuan dan motivasi kerja.

”Selain itu, staff juga semakin komunikatif dengan tamu. Semoga kegiatan pengabdian USM bisa berlanjut di kemudian hari,” ujar Windayati.

Anggota PkM USM, Faisal Yusuf mengatakan, para peserta antusias dalam mengikuti kegiatan. Hal itu terlihat dari banyak pertanyaan dari peserta.

”Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan. Materi yang disampaikan narasumber mudah diterima peserta dan tidak membosankan,” ungkapnya.

Muhaimin