blank
Kanwil Kemenkumham Jateng menggelar penguatan peran kehumasan bagi seluruh UPT. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Di era penguatan kelembagaan, peran hubungan masyarakat (humas) menjadi sangat vital.

Peran humas juga sangat berpengaruh atas reputasi sebuah instansi, dikenal atau tidaknya lembaga sangat tergantung kepada peran atau tidaknya humas.

Terkait hal tersebut, Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah terus berkomitmen untuk memperkuat tugas dan fungsi kehumasan pada jajaranya.

Kanwil Kemenkumham Jateng menggelar kegiatan penguatan peran kehumasan bagi seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Jawa Tengah yang berlangsung di Aula Kresna Basudewa, Senin (4/12/2023).

Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto mengatakan, kegiatan ini diadakan karena peran humas merupakan ujung tombak komunikasi dengan masyarakat luas.

“Humas bukan hanya sebatas menyampaikan informasi, tetapi juga membangun citra positif pemerintah. Humas harus membangun pemahaman yang mendalam, dan membangun kepercayaan publik,” ujarnya.

Dalam hal mengelola konten, Tejo berharap insan humas dapat mengemas konten dengan semenarik mungkin dengan melibatkan konten edukatif dan kepenulisan yang lugas.

“Bahasa yang disampaikan pada pemberitaan di media itu adalah bahasa yang berbeda dengan bahasa sehari-hari. Harus dikemas semenarik mungkin dan menyampaikan kata-kata yang lugas serta edukatif,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini diikuti sebanyak 150 peserta yang merupakan pengelola kehumasan dari 75 UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi, diantaranya dari Pranata Humas Diskominfo Provinsi Jateng, Rieka Hapsari Koesmastuti.

Hadir dalam kegiatan, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kadiyono, Kepala Divisi Keimigrasian, Is Eddy Ekoputranto, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Anggiat Ferdinan, Pejabat Administrator dan Pengawas Kanwil.

Ning S