blank
KOMITMEN - Penandatanganan komitmen bersama Pemilu 2024 damai dan berintegritas. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tegal menggelar Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024 di Jalan Pancasila Kota Tegal, Rabu (22/11/2023). Apel diawali kirab peserta apel dari Balai Kota menuju Jalan  Pancasila sebagai bentuk ceremony kesiapan Bawaslu dalam menyambut Pemilu 2024.

“Kegiatan Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024 ini, memiliki maksud untuk memberikan arahan dan kesatuan komando kepada jajaran pengawas se-Kota Tegal dalam melakukan pengawasan kampanye Pemilu 2024,” ujar Ketua Bawaslu Kota Tegal Fauzan Hamid.

Fauzan menyampaikan, kegiatan ini ingin mengajak stakeholder terkait untuk dapat bersinergi bersama dalam melakukan pengawasan kampanye Pemilu 2024. “Pengawasan ini bertujuan untuk memastikan bahwa pemilihan umum dilaksanakan secara fair, jujur, dan demokratis, serta menghindari terjadinya kecurangan seperti politik uang, intimidasi, atau manipulasi suara,” terangnya.

Pengawasan dapat dilakukan oleh lembaga-lembaga yang independen dan netral seperti Komisi Pemilihan umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan umum (Bawaslu), serta organisasi masyarakat sipil dan media.

Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono menyampaikan bahwa Kirab dan Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024 ini mengingatkan kita akan tugas penting untuk mensukseskan terselenggaranya Pemilu tahun 2024 dan juga memperkuat koordinasi dengan semua pihak yang terlibat dalam proses pemilihan umum.

Ia berharap kegiatan Kirab dan Apel Kesiapan Pengawasan Pemilu 2024 menjadi ajang meningkatkan semangat persatuan dan menjadi langkah awal yang sukses menuju pemilu yang berintegritas dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Tegal.

Dalam kesempatan tersebut Dedy Yon juga menginstruksikan kepada Camat dan Lurah se-Kota Tegal agar dalam rapat-rapat yang melibatkan masyarakat untuk menyampaikan bahwa pada 14 Februari 2024 adalah hari pencoblosan. “Saya kira menjadi kewajiban kita semua untuk memberitahukan pelaksanaan pemilu tahun depan,” kata Wali Kota Tegal.

Lebih lanjut Dedy Yon menghimbau peran aktif dari seluruh komponen masyarakat dalam memastikan proses demkorasi yang berkualitas dan dapat diandalkan, agar penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024 di Kota Tegal dapat berlangsung sukses dan aman serta damai. “Untuk itu, saya mengimbau peran aktif seluruh komponen,” imbau Wali Kota.

Kirab dan Apel tersebut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal beserta Partai politik peserta pemilu 2024, TNI Polri, jajaran OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Tegal, diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama Pemilu 2024 damai dan berintegritas oleh Forkopimda Kota Tegal bersama partai politik peserta pemilu.

Sutrisno