blank
Sejumlah murid SMK Negeri Jateng bersimpuh di kaki orang tuanya usai empat bulan tak bertemu, Jumat 10 November 2023. (Dok: Pemprov Jateng)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Isak tangis suasana haru dan gembira warnai upacara penutupan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Angkatan X SMK Negeri Jawa Tengah di Semarang, Jumat 10 November 2023.

Tak kurang dari 120 siswa SMK Jateng kelas X akhirnya bisa kembali bertemu orang tua mereka.

Siswa-siswi SMK Jateng kurang lebih empat bulan tidak pernah saling bertemu atau pun berkomunikasi dengan orangtuanya.

Yani Indra Safitri, salah satu orang tua siswa SMK Jateng menceritakan, ia tak kuasa melepas rindu dengan putranya.

Setelah rindunya tertahan selama empat bulan. Sebelumnya, rindu ke putranya hanya terobati sementara dengan memandangi foto dan video yang dikirimkan oleh wali kelas anaknya.

“Empat bulan tak bertemu, luar biasa sekali akhirnya bisa melepas rindu hari ini,” tutur Yani asal Ambarawa, Kabupaten Semarang, di lokasi.

Kini setelah beberapa bulan bertemu, ia menilai anaknya terlihat lebih mandiri. Tidak seperti dulu saat sebelum masuk SMK Jateng. Anaknya dulu lebih manja kalau di rumah.

“Dulu kalau di rumah, manja. Sekarang setelah di sini lebih disiplin. Mudah-mudah ke depannya lebih disiplin dan sukses,” kata dia.

Orang tua lainnya, Cecep Toni mengatakan, akhirnya kini bisa bertemu dengan anaknya setelah empat bulan tak bertemu. Dulu, saat kangen, ia hanya bisa berdoa.

“Sekarang bisa bertemu. Yang jelas sekarang, lebih mandiri. Mungkin nanti kalau ketemu lebih lama akan lebih paham lagi dengan perubahan pada anak,” kata pria yang merasa terbantu lantaran anaknya bisa diterima di SMK Jateng tersebut.

Salah satu siswa SMK Jateng Anggit Hanggraito mengatakan, selama kurang lebih empat bulan, ia bersama ratusan siswa lainnya mendapatkan pelajaran berharga di sekolah.
Di antaranya pelajaran baris berbaris, kedisiplinan, menghargai waktu, dan lain sebagainya.

“Sekarang lebih mandiri dan bisa menghargai waktu,” tutur siswa asal Ambarawa Kabupaten Semarang yang berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah karena bisa bersekolah tanpa pungutan biaya sepeser pun.

Siswa lainnya, Muhammad Akbar Alifianto mengaku telah menahan rindu ke orang tua selama empat bulan. Kini, setelah bertemu rasanya sangat senang.

“Kalau selama ini (kalau rindu orang tua) berdoa agar orang tua diberi kesehatan dan dimudahkan hidupnya,” ujarnya.

Selama empat bulan di SMK Jateng, ia mendapatkan pelajaran banyak. Seperti halnya cara jadi pemimpin yang baik dan bagaimana bisa memimpin yang baik.

Kepala SMK Jateng kampus Semarang Hardo Sujatmiko mengatakan, dalam kegiatan PDK ini, para siswa bisa dipertemukan dengan orang tuanya masing-masing.
Sebab mereka sudah empat bulan tidak bertemu, dan kini diberi kesempatan.

“Mereka akan pulang untuk beberapa waktu. Diberi kesempatan untuk pulang untuk mengobati rasa rindu kemudian datang lagi ke sini yang memang belum masanya libur,” ujarnya.
Diaz