Personel prajurit TNI dari Koramil-09 Giritontro dan Koramil-20 Kismantoro Kodim 0728 Wonogiri, memberikan pembinaan mental dan pembentukan karakter bagi para siswa SMP dan SMK.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Prajurit TNI dari Koramil-20 Kismantoro dan dari Koramil-09 Giritontro Kodim 0728 Wonogiri, memberikan pembinaan mental dalam rangka pembentukan karakter kepada ratusan siswa. Itu diberikan kepada para siswa SMP Negeri 3 Kismantoro dan siswa SMK Negeri 1 Giritontro.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, Rabu (8/11), mengabarkan, pembinaan mental dan pembentukan karakter siswa, sekaligus bertujuan untuk menumbuhkan cinta Tanah Air, dengan berpijak pada nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia.

Terkait itu, Babinsa Koramil-20/Kismantoro Serma Puryanto, tampil memberikan edukasi kepada para siswa SMP Negeri 3 Kismantoro. Materi yang diberikan, tentang wawasan kebangsaan (Wasbang) dan cinta Tanah Air.

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Kepala Sekolah (Kasek) SMP N 3 Kismantoro, Dadang Is Harimbo, dengan Koramil 20/Kismantoro Kodim 0728/Wonogiri. Kepada para siswa, diperkenalkan tentang pentingnya pemilikan sikap mental dan karakter, berjiwa nasionalisme, berdisiplin dan bersemangat patriot. Semua itu, untuk membangun identitas diri dan menumbuhkan sikap integritas dalam berbangsa dan bernegara.

Upaya menanamkan pembentukan sikap disiplin, kompak, loyalitas dan kepedulian, perlu ditumbuhkan sejak usia dini. Hal itu penting dalam upaya mengembangsuburkan rasa persatuan dan menumbuhkan sikap bertanggung jawab.

Demikian dikedepankan oleh Pelda Paryatmo dan Pelda Eko beserta Serma Sarjono dari Koramil-09 Giritontro, saat memberikan materi pembinaan dan pembentukan karakter kepada para siswa SMK Negeri 1 Giritontro.

Kepada para siswa juga diberikan latihan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB), materi Wasbang, cinta Tanah Air, materi pembentukan akhlak mulia. Juga materi pelatihan daya konsentrasi, mengendalikan emosi, menumbuhkan jiwa korsa dan solidaritas sesama siswa.
Bambang Pur