Kemenkumham Jawa Tengah menyelenggarakan Bimtek Analisis dan Evaluasi Penyusunan Laporan SPIP kepada UPT jajaran. Foto: Dok/Kanwil

CILACAP (SUARABARU.ID) – Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Analisis dan Evaluasi Penyusunan Laporan SPIP kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) jajaran, baru-baru ini.

Wilayah Cilacap dan Nusakambangan menjadi destinasi Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah dalam penyelenggaraan Bimtek SPIP.

Kegiatan yang berlangsung di aula Rupbasan Kelas II Cilacap tersebut menggandeng narasumber dari Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Kanwil yang diwakili oleh Kepala Bagian Program dan Humas, Toni Sugiarto menyampaikan pentingnya penyusunan laporan Sistem Pengendalian Intern (SPI) pada satuan kerja yang berkualitas, termasuk didalamnya hal analisis dan evaluasi.

“SPI memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan,” ungkap Toni.

“Oleh karena itu, Kanwil Kemenkumham Jateng bekerja sama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan Bimtek ini,” sambungnya.

Ia mengatakan jika Bimtek ini juga dalam rangka pemenuhan target kinerja B12. “Khusus untuk Bimtek SPIP kali ini kita fokuskan pada kegiatan analisis dan evaluasi penyusunan pelaporan SPIP. Harapannya satuan kerja bisa menyusun laporan yang benar-benar berkualitas,” ujarnya.

“Meski dengan sarana yang terbatas, kegiatan ini tidak akan mengurangi manfaat dan tujuannya. Kami ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan Kantor Wilayah untuk menyelenggarakan kegiatan ini, ” ujar Kepala Rupbasan Kelas II Cilacap, Helmy.

Bimtek yang diisi narasumber dari Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, Koordinator Pengawas Bidang IPP, Kapsari membahas secara rinci masing-masing unsur yang terdapat pada SPIP, penerapan dan pengendaliannya.

Ia juga memberikan pengetahuan kepada seluruh peserta mengenai bagaimana menyusun laporan SPIP yang berkualitas sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2008, termasuk bagaimana melakukan analisis dan evaluasi terhadap laporan yang disusun.

Para peserta yang merupakan perwakilan dari 15 Unit Pelaksana Teknis di wilayah Cilacap dan Nusakambangan ini mengimplementasikan langsung bagaimana mengelompokkan komponen-komponen ke dalam unsur-unsur yang terdapat pada SPIP dengan benar, yang selanjutnya menjadi bahan dalam laporan penyelenggaraan SPIP sesuai dengan bimbingan narasumber.

Wilayah Cilacap dan Nusakambangan merupakan kegiatan keenam yang diselenggarakan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah dalam mengadakan Bimtek SPIP pada Tahun 2023.

Ning S