blank
Ilustrasi Gatal karena gigitan nyamuk. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Saat seseorang digigit nyamuk, pasti akan meninggalkan bekas di kulit seperti rasa gatal, warna kemerahan dan bisa menghitam. Lalu, apakah bekas gigitan nyamuk yang kadang membuat kurang percaya diri apakah bisa dihilangkan?

blank

Bentol karena gigitan nyamuk bisa bertahan hingga beberapa hari, tergantung daya tahan tubuh dan ukuran bentol. Jika terasa gatal dan sering digaruk, bentol justru akan semakin lama sembuh. Setelah kempes, bentol karena gigitan nyamuk bisa meninggalkan bekas hitam kecil, terutama pada jenis kulit yang sensitif.

Bekas gigitan nyamuk yang sudah menghitam bisakah dihilangkan? Noda hitam bekas gigitan nyamuk pada dasarnya bisa dihilangkan. Tapi sebaiknya periksakan dulu kondisi kulit ke dokter kulit atau dermatolog. Terutama untuk noda yang telah lama dan tak kunjung hilang meski sudah diberi berbagai obat.

Baca Juga: Tips Hilangkan Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Penyebab bekas hitam setelah disengat serangga atau nyamuk yang kedua adalah karena adanya infeksi. Apabila kita menggaruk bekas gigitan nyamuk hingga membuka luka kembali, maka hal ini bisa memicu infeksi.

Dilansir dari Suara.com ternyata bisa, dan ada beberapa cara untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk seperti semula. Memang gigitan nyamuk yang terasa sangat gatal ini membuat orang tidak tahan untuk menggaruknya.

Seperti dirangkum dari siloamhospitals.com, berikut ini adalah cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang mudah dilakukan:

Baca Juga: Tips Mengusir Nyamuk Dengan Cara Alami

1. Menggunakan es batu

Tempelkan es batu pada gigitan nyamuk selama beberapa menit untuk membantu meredakan peradangan dan mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk itu.

2. Mengoleskan krim antihistamin

Krim atau salep yang mengandung antihistamin dapat membantu mengurangi gatal dan peradangan pada gigitan nyamuk dengan cara dioleskan secara langsung pada area gigitan.

3. Memakai lotion calamine

Lotion dengan bahan calamine ini bisa membantu mengurangi iritasi dan membantu mempercepat penyembuhan gigitan nyamuk yang terasa gatal dan tentu membuat tidak nyaman.

Baca Juga: Tips Mengusir Nyamuk dengan Bahan Alami

4. Gunakan minyak esensial

Minyak esensial seperti minyak lavender atau minyak tea tree memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-septik yang dapat membantu meredakan gigitan nyamuk itu.

5. Coba pasta baking soda

Campurkan baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta, lalu oleskan pada gigitan untuk mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

6. Hindari menggaruk

Meskipun gatal, hindari menggaruk bekas gigitan karena dapat menyebabkan infeksi dan memperburuk kondisinya.

Baca Juga: Tips Bikin Ramuan Obat Nyamuk Alami

7. Menggunakan lidah buaya

Kamu bisa menggunakan aloe vera atau lidah buaya untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Hal ini karena lidah buaya bersifat menenangkan dan merupakan bahan antiinflamasi alami yang bisa meredakan peradangan dan gatal pada bekas gigitan nyamuk.

Caranya pun mudah, cukup kupas lidah buaya dan oleskan secara merata pada area yang terkena gigitan nyamuk. Biarkan gel meresap ke dalam kulit dan ulangi beberapa kali sehari agar hasilnya lebih optimal.

Demikianlah beberapa tips menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Claudia