Sekda Jepara Edy Sujatmiko bersama PNS yang pensiun per 1 November 2023

JEPARA (SUARABARU.ID) – Tahun ini pemerintah pusat memberi persetujuan penambahan PPPK di lingkungan Pemkab Jepara sebanyak 1.270 formasi. Namun jumlah ini tetap tidak sebanding dengan jumlah PNS pensiun. Disamping itu, tidak ada seorang pun yang bisa membantu kelulusan tes PPPK, termasuk saya sebagai ketua panitia.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko saat menyerahkan surat keputusan (SK) pensiun PNS per 1 November 2023. Kegiatan itu berlangsung di Gedung Ratu Shima Jepara pada Rabu, 1 November 2023.

Acara ini dihadiri pula Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jepara Eka Prasetija, Pemimpin Bank Jateng Cabang Jepara Kurniawan Adji Prajitno, dan Ketua Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten Jepara Sutejo S. Sumarto

Sekda Edy Sujatmiko saat menyerahkan SK Pensiun secara simbolis

Menurut Edy Sujatmiko, jumlah pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jepara terus menyusut. Hal ini terjadi karena tidak imbangnya jumlah pegawai yang memasuki masa pensiun dengan penerimaan calon pegawai baru.   “Setiap tahun pegawai kita berkurang 500-an orang. Tapi penerimaan CPNS (calon pegawai negeri sipil) sudah 5 tahun tidak ada,” katanya.

Dengan pola seperti itu, katanya, jumlah PNS Pemkab Jepara kini tinggal 7 ribuan. Jika ditambah aparatur berstatus pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), totalnya hanya 8300-an.

“Padahal sebelum saya menjadi sekda, jumlah PNS Pemkab Jepara lebih dari 10 ribu,” tambah Edy Sujatmiko

Sementara itu, jumlah penerima pensiun TMT 1 November 2023  sebanyak 44 orang, terdiri dari 4 mantan pejabat struktural 30 tenaga bidang pendidikan, 2 tenaga kesehatan, 7 tenaga Fungsional Umum, dan 1 orang tenaga fungsional tertentu.

Hadepe