PEDULI - Aksi peduli Palestina diterima oleh Sekwan dan Wakil Ketua DPRD Kota Tegal. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Ratusan orang yang tergabung dalam Forum Umat Islam Peduli (FUIP) Tegal menggelar aksi mendukung Palestina Jumat (27/10/2023).

Aksi dengan tema doa dan donasi untuk Palestina dimulai usai salat Jumat di Masjid Agung Kota Tegal. “Acara dimulai dengan pembacaan qunut nazilah, salat ghoib, sambutan, orasi, baca puisi tegalan, dan penggalangan donasi untuk Palestina,” kata ketua aksi H Basuki Siswoyo, Jumat (27/10/2023).

Aksi dimulai setelah salat Jumat dengan titik kumpul di Majid Agung Kota Tegal. Selanjutnya aksi sambil membaw poster dari Masjid Agung melakukan longmars ke Gedung DPRD Jalan Pemuda Kota Tegal.

Aksi diterima oleh Sekretaris DPRD Kota Tegal, Herviyanto Gunarso Wisnu Purbo S.IP M.Si bersama Wakil Ketua DPRD Kota Tegal, KH Habib Ali Zaenal Abidin SE MH di pelataran Gedung DPRD. Sebelum menerima surat pernyataan sikap, Habib Ali memberikan donasi sebesar Rp 1 juta secara sukarela untuk Palestina.

“Diawali dari saya membantu 1 juta. Coba mereka jangan ngomong saja buktikan. Karena saat ini Islam sudah menjadi bahan jualan. Mereka yang mengatakan Islam tapi justru berjualan untuk Islam itu sendiri,” kata Habib Ali sambil menyerahkan uang.

Dalam surat pernyataan sikap Forum Umat Islam Peduli Kota Tegal menyampaikan sangat prihatin dan menyampaikan duka cita yang mendalam atas penyerangan penjajah Israel ke rakyat sipil Palestina khususnya di Gaza dan Tepi Barat yang menyebabkan ribuan rakyat sipil meninggal dunia dan luka-luka.

Mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) agar segera mengambil langkah-langkah politik dan diplomatik untuk menghentikan penyerangan penjajah Israel terhadap rakyat sipil Palestina.

Mengecam penjajah Israel yang memanfaatkan perang untuk terus melakukan aneksasi dan agresi terhadap wilayah dan bangsa Palestina.

Mendesak Pemerintah Indonesia untuk lebih proaktif dan memperkuat langkah maju yang telah dilakukan selama ini dalam penyelesaian konflik Israel-Palestina melalui Perserikatan Bangsa-bangsa, Organisasi Kerjasama Islam, dan jalur-jalur lainnya.

Mengimbau kepada semua pihak di tanah air untuk menyikapi perang Israel-Palestina dengan rasional dan arif, serta tidak terprovokasi oleh berbagai informasi provokatif, hoaks, dan menyesatkan yang disampaikan oleh pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan perang Israel-Palestina untuk kepentingan politik tertentu yang berpotensi menimbulkan masalah di dalam negeri.

Menyerukan kepada umat Islam untuk memanjatkan doa dan shalat gaib bagi kaum muslimin yang menjadi korban perang, serta memohon kepada Allah agar perang segera berakhir dan masyarakat dunia hidup dengan damai dan sejahtera.

Mendukung perjuangan Palestina serta bersiap mengirimkan bantuan dan relawan kemanusiaan, aktif berkoordinasi dan bekerjasama dengan berbagai pihak yang dapat dipercaya untuk membantu masyarakat sipil yang menjadi korban perang, terutama anak-anak dan perempuan.

Surat pernyataan sikap diterima oleh Sekretsris DPRD Kota Tegal Herviyanto untuk disampaikan kepada Kepala DPRD Kota Tegal.

Sutrisno