Menyambut Hari Sumpah Pemuda, SMP Kristen Satya Wacana kembali menggelar kegiatan Bulan Bahasa 2023 dengan mengusung tema “Kita Indonesia Kita Pelajar Pancasila”. Foto: Dok/UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen Satya Wacana kembali menggelar kegiatan Bulan Bahasa 2023 dengan mengusung tema “Kita Indonesia Kita Pelajar Pancasila”.

Pembukaan Bulan Bahasa tahun ini diadakan di Teater Terbuka SMP Kristen Satya Wacana, baru-baru ini.

Direktur Sekolah Kristen Satya Wacana, Dra. Emy Wuryani, M.Hum., membuka kegiatan yang ditandai dengan pemukulan gong.

“Saya berterima kasih kepada seluruh panitia sekolah SMP Kristen Satya Wacana yang telah menyelenggarakan kegiatan ini khususnya dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda. Semoga acara ini berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi seluruh peserta,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Dra. Emy Wuryani didampingi Kepala SMP Kristen Satya Wacana, Patrick Michael Rahardja, S.Si., Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Kristen Satya Wacana Jumadi, S.Pd., M.Si., Kepala Sekolah Dasar (SD) Kristen Satya Wacana Amrih Gunarto, S.Sn., M.Pd., dan Kepala Sekolah Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-Kanak (TK) Kristen 1 Satya Wacana Jufitri, S.Pd., AUD.

Berbagai penampilan menarik disuguhkan dalam acara tersebut, seperti instrumen musik tradisional dari siswa SMP Satya Wacana, paduan suara dari siswa SD Kristen Satya Wacana dan tarian tradisional dari murid TK Kristen 1 Satya Wacana.

Ketua Panitia, Daniel Zafnat Paaneah, S.Pd., mengatakan, pelaksanaan kegiatan Bulan Bahasa ini bertujuan sebagai pengingat perjuangan Sumpah Pemuda yang menyatukan bangsa Indonesia melalui bahasa.

“Berbagai lomba yang berkaitan dengan kebahasaan dan seni kami adakan dalam acara Bulan Bahasa 2023 ini. Tercatat lebih dari 500 peserta ikut mendaftar dan akan meningkat sepanjang pelaksanaan kegiatan, ” ungkapnya.

Berbagai lomba

Daniel Zafnat menerangkan, ada dua puluh tujuh jenis lomba dilaksanakan dalam kegiatan ini. Sejumlah lomba tersebut antara lain lomba bahasa Indonesia terdiri dari lomba mendongeng, membaca puisi dan pidato, lomba bahasa Inggris terdiri dari story telling, newcasting, speech, dan lomba bahasa Mandarin terdiri dari membaca puisi Mandarin dan menulis Hanzi serta lomba bahasa Jawa meliputi geguritan, menulis aksara Jawa, dan macapat. Selain lomba kebahasaan, berbagai lomba seni seperti mewarnai, menggambar, menggambar komik, hingga solo vokal juga diadakan.

Dikatakan, peserta yang mengikuti lomba dalam kegiatan ini terdiri dari siswa SD dan SMP yang berada di wilayah Kota Salatiga hingga yang berada di luar pulau.

“Penyelenggaraan lomba tahun ini sedikit berbeda karena salah satu lomba yakni solo vokal, kami adakan secara daring. Harapannya dapat diikuti oleh sekolah yang berada di luar Salatiga bahkan luar pulau,” tutur Daniel Zafnat yang juga merupakan guru bahasa Jawa di SMP Kristen Satya Wacana tersebut.

Menurutnya, rangkaian kegiatan Bulan Bahasa 2023 masih akan berlangsung hingga Jumat (27/10/2023) mendatang.

Ning S