blank
PENCAK SILAT - Atraksi dari Pencak Silat Nahdlatul Ulama pada peringatan Ke-8 Hari Santri Nasional. (Foto: Istimewa)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono mengajak kepada seluruh pihak untuk berkomitmen mendukung dan mendorong perkembangan santri serta pendidikan pesantren.

“Mari kita berperan aktif dalam menjayakan negeri ini dengan menghargai, mendukung dan memfasilitasi peran penting santri dalam pembangunan sosial, ekonomi dan kebudayaan,” ujar Dedy Yon saat memberikan sambutan pada Upacara Peringatan Hari Santri Nasional ke-8 tingkat Kota Tegal di Jalan Pancasila, Minggu (22/10) pagi. Peringatan Hari Santri Nasional ke-8 tahun ini mengusung tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”.

Menurut Dedy Yon tema ini mengandung makna mendalam yang mengajak kita untuk lebih memahami dan menghargai perjuangan santri dalam menjalankan peran mereka sebagai agen perubahan di berbagai aspek kehidupan. Dedy Yon mengatakan bahwa para santri adalah garda terdepan dalam melanjutkan tradisi Ilmiah, keagamaan dan kemanusiaan di Indonesia.

“Mereka adalah tonggak penting dalam pengembangan pendidikan Islam dan pendidikan umum. Selain itu, santri juga memiliki peran penting dalam mewujudkan nilai-nilai toleransi, perdamaian, dan persatuan di tengah-tengah masyarakat yang beragam,” ujar Dedy Yon.

Dikatakan Dedy Yon bahwa melalui pendidikan yang mereka terima, para santri memiliki potensi besar untuk menjayakan negeri ini.

Upacara peringatan hari santri nasional ke-8 tingkat Kota Tegal turut dimeriahkan oleh penampilan atraksi dari Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Tegal dan Marching Band SMK SUPM Al Ma’arif Tegal.

Sutrisno