Gelar seni budaya dipentaskan di Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, untuk menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023. Bersamaan itu, juga dibagikan hadiah hadir kepada penonton.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Secara nasional, Hari Minggu (29/10) mendatang, Bangsa Indonesia akan memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023. Masyarakat di beberapa kecamatan di Kabupaten Wonogiri, ada yang menyambutnya dengan pentas seni budaya, perlombaan olahraga, dan menggelar bazar.

Di Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, misalnya, dalam menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 95, masyarakat menggelar pentas seni budaya. Lokasinya di Lapangan Sepak Bola Giriwoyo, Wonogiri.

Malam pentas seni budaya di Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri, ini dimeriahkan Bintang Tamu Pelawak Jenaka Gareng Tralala. Panitia memberikan sejumlah hadiah hadir kepada massa penonton.

Masyarakat di Lingkungan Salak, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 dengan menggelar turnamen bola voli. ”Berhadiah utama kambing,” jelas Ketua RT 3/RW 4 Lingkungan Salak, Sriyanto Kembo.

Di Kecamatan Jatisrono, Wonogiri, peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023, digelar di Kantor Kecamatan. Dimeriahkan dengan bazar aneka produk unggulan dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pameran dan penjualan beragam kuliner aneka makanan dan minuman, lifestyle dan pameran yang berkaitan dengan hobi. Juga dimeriahkan gelar budaya pentas seni Reog, Festival Band dan Musik Campursari.

Tonggak

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, Senin (23/10), mengabarkan, ikut hadir dalam pentas seni budaya di Giriwoyo, Wonogiri, Danramil-08 Giriwoyo Kodim Kapten (Cba) Budi Waluyo bersama Waki Bupati (Wabup) Wonogiri Setyo Sukarno.

Juga hadir Camat Giriwoyo, Fuad Wahyu Pratama, Kapolsek AKP Sumarwan, Sekcam Giriwoyo, Ismeidi, bersama para pimpinan dinas instansi tingkat kecamatan se-Giriwoyo.

Ikut hadir pula para Kepala Desa (Kades) dan Lurah se-Kecamatan Giriwoyo beserta dengan perangkat desa, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan Giriwoyo, tokoh agama dan tokoh warga bersama masyarakat.

Camat Giriwoyo, Fuad, dalam sambutannya, mengatakan, momentum Sumpah Pemuda yang diperingati, merupakan tonggak sejarah awal perjuangan Bangsa Indonesia. ”Sumpah Pemuda, mengajarkan kepada kita tentang pentingnya membangun persatuan dan kesatuan,” tegas Camat Fuad.

Sumpah Pemuda, tambah Fuad, mendorong kita bersatu demi kepentingan bangsa. Kepada semua yang hadir, diajak untuk ikut serta melestarikan nilai-nilai luhur budaya bangsa. Yakni dengan memantapkan semangat persatuan kesatuan Go Nyawiji Sesarengan Mbagun Wonogiri.
Bambang Pur