blank
Bupati Joko Sutopo (baju batik) bersama Dandim 0728 Letkol (Inf) Deny Octavianto dan Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, melakukan pemeriksaan barisan pada apel gelar pasukan OMB.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bersama Pemkab dan Kodim, Polres Wonogiri siap mengamankan Pemilu serentak 2024. Kesiapan bersama komponen tiga pilar ini, ditandai dengan menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata (OMB) Candi Tahun 2023-2024,

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, Jumat (20/10), mengabarkan, apel digelar di Alun-alun Giri Krida Bakti depan Kantor Bupati Wonogiri. Menampilkan trio pimpinan apel, yakni Bupati Joko Sutopo bersama Dandim 0728 Letkol (Inf) Deny Octavianto dan Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah. Kasat Sabhara Iptu Tri Agus, dipercaya menjadi Komandan Upacara.

Ikut hadir dalam Apel Gelar Pasukan OMB ini, jajaran Forkopimda bersama pimpinan dinas dan instansi terkait. Peserta apel terdiri atas barisan prajurit TNI Kodim 0728 bersama personel dari Polres, KPU, Bawaslu, Satpol-PP, Dishub dan Linmas Kabupaten Wonogiri. Apel Gelar Pasukan, ditandai penyamatan atribut pita tanda operasi.

Bupati Wonogiri tampil membacakan amanat dari Kapolri. Disebutkan, Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi indonesia. Juga sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa.

Kompleksitas

Tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, untuk menentukan masa depan bangsa, masa depan negara. Maka seluruh komponen bangsa, harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan pemilu 2024.

Terlebih lagi, Pemilu 2024 memiliki kompleksitas, karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan. Yakni dengan wilayah yang luas, geografis yang beragam, serta melibatkan jumlah pemilih yang besar.

Untuk pengamanannya, Polri didukung TNI, bersama Kementrian/lembaga dan instansi terkait serta mitra Kamtibmas lainnya, menggelar OMB Tahun 2023-2024. Operasi ini, dilaksanakan selama 222 hari, yakni sejak Tanggal 19 Oktober 2023 sampai 20 Oktober 2024. Melibatkan sekitar 261.695 personel di seluruh Tanah Air, untuk mengamankan seluruh tahapan Pemilu.

Ditambahkan, nantinya Polri juga akan menggelar Operasi Nusantara Cooling System 2023 – 2024, untuk membangun narasi besar ”Persatuan dan Kesatuan, serta Memajukan Bangsa di Atas Kepentingan Kelompok.” Ini untuk mengantisipasi polarisasi akibat berita hoaks, isu SARA, propaganda Firehouse of Falsehood dan Black Champaign yang dilengkapi dengan Satgas Anti Money Politics, serta Satgas Pemilu Damai.
Bambang Pur