blank
Pelantikan serentak 21 Kades dilakukan oleh Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayu Aji (kanan depan). Ditandai dengan penyematan tanda jabatan.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Upacara pelantikan serentak sebanyak 21 Kepala Desa (Kades), Kamis (19/10), digelar di Pendapa Kabupaten Pacitan, Jatim. Mereka yang dilantik, adalah para pemenang Pilkades yang digelar Bulan Agustus 2023 lalu.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, turut hadir dalam pelantikan tersebut, Wakil Bupati Gagarin bersama jajaran Forkopimda, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Asisten Sekda, para camat, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten. Juga hadir para Ketua BPD dari 21 desa penyelenggara Pilkades, serta para keluarga yang dilantik.

Dalam sambutannya, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, memberikan pesan penekankan 5 hal yang menjadi poin penting kepada para Kades terlantik. Pertama, Kades harus mengutamakan pelayanan kepada rakyat. Kedua, memahami kewenangan baik kewenangan yang berdasarkan asal-usul, kewenangan lokal berskala desa dan kewenangan lain yang ditugaskan oleh pemerintah di level atasnya.

Ketiga, memahami tugas, kewenangan, kewajiban dan hak sebagai Kepala Desa. Keempat, para Kades yang telah dilantik hendaknya segera menyusun RPJM-Des, sebagai penjabaran visi misi, dengan menyesuaikan kondisi dan sumber daya yang ada. Tujuannya, agar arah pembangunan desa menjadi jelas dan mudah dipahami seluruh masyarakat.

Kelima, para Kades terlantik hendaknya selalu berkoordinasi dengan camat serta dinas terkait yang berkaitan dengan desa, sebagai pembina dan pengawas desa.

Santunan

Kata Bupati, para Kades harus memahami kewenangan, tugas pokok dan fungsi (Tupoksi), agar dapat selaras dengan program di atas. Semisal kekeringan, stunting atau kemiskinan. ”Ini perlu ditangani bersama-sama,” tegas Bupati sembari mengingatkan bahwa  kewenangan desa ada batasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan), menyerahkan santunan JKM, JHT kepada ahli waris Almarhum Hudiono sebagai Kepala Desa (Kades) Widoro, Kecamatan dan Kabupaten Pacitan. Juga menyerahkan bantuan beasiswa kepada anak almarhum.

Sebanyak 21 Kades yang dilantik, terdiri atas Kades Arjowinangun dan Kades Sukoharjo Kecamatan Pacitan. Kades Gembuk Kecamatan Kebunagung. Kades Sendang dan Kades Donorojo Kecamatan Donorojo.

Berikut Kades Mendolo Lor, Kades Bomo, Kades Kebonsari dan Kades Piton di Kecamatan Punung, serta Kades Poko, Kades Dadapan, Kades Pelem dan Kades Tamanasri di Kecamatan Pringkuku.

Selanjutnya Kades Gasang, Kades Losari dan Kades Ketro Harjo di Kecamatan Tulakan, Kades Kedungbendo Kecamatan Arjosari, Kades Tumpuk Kecamatan Bandar. Kemudian Kades Tegalombo Kecamatan Tegalombo, Kades Hadiwarno dan Kades Nogosari di Kecamatan Ngadirojo.
Bambang Pur