Deklarasi Relawan pendukung Ganjar-Mahfud di Kabupaten Kudus. Foto:Ali

KUDUS (SUARABARU.ID) – Ratusan relawan Ganjar Pranowo di Kudus menggelar doa bersama dan deklarasi dukungan terhadap pasangan Capres Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Doa bersama dan deklarasi tersebut digelar di markas pemenangan Ganjar yang berada di Desa Tanjungkarang, Kecamatan Jati, Rabu (18/10) sore.

Sebelum pelaksanaan deklarasi, dilakukan pembacaan yasin fadlilah disertai bacaan tahlil dan doa bersama oleh para relawan yang hadir.

Sesudahnya, para relawan yang kompak mengenakan kaos putih bercoram garis hitam, melakukan deklarasi untuk mendukung penuh pencalonan Ganjar-Mahfud sebagai Capres-Cawapres 2024.

Koordinator relawan, Juwahyuni mengatakan doa bersama sekaligus pembacaan yasin fadilah akan terus dilakukan saat Rabu Pahing sebagai bentuk ikhtiar spiritual agar pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD terpilih sebagai pemimpin bangsa.

“Doa bersama ini sengaja kami lakukan menyambut telah diumumkannya pasangan Ganjar-Mahfud. Semoga doa bersama ini memberi kekuatan bagi Ganjar-Mahfud di ajang kontestasi Pemilu 2024 mendatang,”kata Juwahyuni.

Menurut Juwahyuni, doa beraama ini melibatkan semua unsur relawan Ganjar serta tokoh masyarakat yang ada di Kudus.

Arah dukungan dialamatkan kepada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD karena keduanya dinilai merupakan pasangan yang ideal. Alih-alih Ganjar pernah memimpin Jawa Tengah, dan menurutnya Ganjar memiliki kepedulian kepada rakyat kecil.

“Pak Ganjar sangat istimewa dari segi pemimpin. Kami di Kudus juga diperhatikan pernah diajari digital marketing melalui programnya,” kata Juwahyuni.

Di sisi lain, Ganjar merupakan sosok yang mudah berbaur kepada seluruh komponen masyarakat. Termasuk Ganjar tidak memgambil jarak kepada kelompok difabel maupun anak-anak.

“Pak Ganjar disukai masyarakat karena ramahnya. Tidak peduli difabel, anak kecil, semua bisa dirangkul Pak Ganjar. Masyarakat rentan juga dipikirkan,” kata dia.

Ikhtiar spiritual berupa doa bersama yang dilakukan, lanjutnya, juga akan dibarengi dengan upaya konkret berupa sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat. Misalnya sosialisasi oleh relawan kepada warga kampung, tukang becak, dan para pekerja.

Upaya demi upaya yang dilakukan oleh para relawan di Kudus ini juga bakal dibarengi dengan target dan harapan atas perolehan suara Ganjar-Mahfud di Kudus. Juwahyuni beeharap pasangan dukungannya mendapat 80 persen suara di Kudus. Harapan itu bukan tanpa alasan, pasalnya pada Pilgub sebelumnya Ganjar mampu meraih suara di Kudus hampir 75 persen.

“Selain itu Pak Ganjar juga sangat dikenal di kalangan gen Z. Ini jumlah suaranya juga besar,” katanya.

Ali Bustomi