Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (keempat dari kiri), foto bersama dengan Pimpinan Persilatan PSHT dan sejumlah PJU Polres Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang demokratis, aman, damai dan kondusif, Polres Wonogiri proaktif melakukan kegiatan silaturahmi Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dengan para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, silaturahmi dipimpin langsung Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah. Melibatkan Wakapolres Kompol Andi M Akbar Mekuo bersama para Pejabat Utama (PJU) Polres.

Silaturahmi Kamtibamas ini, dijadikan langkah awal dalam upaya mewujudkan kondusivitas daerah. Yakni sebagai persiapan pelaksanaan Pemilu 2024, supaya dapat dilaksanakan dengan baik, dan terjauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal itu sebagaimana dilakukan Kapolres saat silaturahmi ke Pimpinan Persilatan Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) Parluh-17 Cabang Wonogiri, Sugiyatto, di Lingkungan Giriwono, Kelurahan Giriwono, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri.

Menurut Kapolres, upaya menjaga Kamtibmas menjadi hal penting untuk diwujudkan, dalam menghadapi pesta demokrasi Pemilu serentak 2024. Para tokoh masyarakat, memiliki peran penting dalam menjaga situasi yang kondusif selama proses Pemilu berlangsung.

”Kami sangat menghargai dan mengapresiasi peran serta para tokoh masyarakat Wonogiri, dalam memelihara situasi Kamtibmas yang aman dan damai,” tegas Kapolres. Pemilu 2024, tambah Kapolres, adalah momen penting bagi demokrasi bangsa Indonesia. ”Kami berharap, kita semua bisa bekerjasama untuk mewujudkan proses Pemilu yang bersih, adil, dan kondusif,” tandas Kapolres.

Pada bagian lain, Kapolres mengimbau agar masyarakat jangan melakukan provokasi yang mengarah pada tindakan intoleransi, serta menyebarkan berita palsu yang dapat memicu konflik sosial.

Sementara itu, Ketua PSHT Parluh 17 Cabang Wonogiri, Sugiyatto, menyampaikan apresiasi dan siap berkomitmen untuk bekerjasama dengan pihak Kepolisian. Utamanya dalam turut serta menjaga Kamtibmas, guna mewujudkan Pemilu yang demokratis, aman, damai dan kondusif.
Bambang Pur