blank
Lestari Moerdijat. Foto: fn

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Upaya pencegahan pencemaran lingkungan di Tanah Air harus menyeluruh, dan memerlukan dukungan nyata seluruh elemen bangsa, di tengah ancaman dampak perubahan iklim yang meluas.

”Dukungan dalam pencegahan pencemaran lingkungan harus menjadi kepedulian bersama, dan dilakukan secara menyeluruh,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/10/2023).

Pada Dialog Nasional Antisipasi Dampak Perubahan Iklim untuk Pembangunan Indonesia Emas 2045, pada akhir Agustus lalu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) mengungkapkan, mulai banyak wilayah di Indonesia yang tergenang dan terendam secara permanen.

BACA JUGA: Mahasiswa Unissula Buat Terobosan Baru Bidang Parenting

Hal itu terjadi, sebagai dampak dari perubahan iklim yang menyebabkan kenaikan muka air laut berkisar 0,8-1,2 cm per tahun.

Menurut Lestari, ancaman dampak perubahan iklim itu jangan lagi dibebani dengan perilaku keseharian, yang mencemari lingkungan. Pada awal Oktober lalu, Perserikatan Bangsa-Bangsa pun telah menggelar konferensi regional, terkait upaya mencegah pencemaran lingkungan di Asia.

Pada konferensi itu dibahas empat hal, agar pencemaran lingkungan dapat dicegah, yaitu perlunya pemahaman pelaku bisnis dan ahli, terbangunnya dialog pemerintah dan swasta, penguatan peran masyarakat dan media, serta kontribusi semua pihak dalam mewujudkan kesehatan lingkungan dan iklim.

BACA JUGA: Genjot Penerimaan PAD, Ini Upaya Pemkot Semarang untuk Meningkatkan

Keempat hal yang disarankan PBB itu, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, harus menjadi perhatian para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah, dalam upaya menekan pencemaran di lingkungan masing-masing.

Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu, mendorong semua pihak, baik pelaku bisnis, para ahli, pemerintah, masyarakat dan media, memiliki semangat yang sama dalam upaya mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.

Anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu sangat berharap, para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah, mengedepankan berbagai langkah antisipasi dalam menyikapi dampak perubahan iklim dan pencemaran, yang dapat memperberat beban lingkungan hidup kita.

”Karena dengan lingkungan hidup yang lebih sehat, kita bisa berharap kualitas kesehatan masyarakat yang lebih baik, dalam proses pembangunan sumber daya manusia Nasional yang tangguh dan berdaya saing di masa depan,” tegasnya.

Riyan