Bupati Wonogiri Joko Sutopo (kanan berdiri), ikut memberikan sambutan dalam silaturahmi Kamtibmas untuk Pemilu 2024 yang aman dan damai.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bersama Forkompinda, Polres Wonogiri, menggelar silaturahmi Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Ini dilakukan dalam upaya mewujudkan pelaksanaan Pemilu serentak Tahun 2024, berjalan aman dan damai.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, silaturahmi Kamtibmas ini digelar Kamis malam (12/10), di Joglo Perjuangan, Desa Pule Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Ikut hadir Bupati Joko Sutopo, Kapolres AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, Dandim 0728 Letkol (Inf) Deni Oktavianto, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Rais Torodji, Kajari Porman Patuan Radot.

Juga hadir Ketua Pengadilan Agama (PA) Ahsan Dawi. Wakapolres Kompol Andi M Akbar Mekuo beserta para Pejabat Utama (PJU) Polres dan para Kapolsek se jajaran Polres Wonogiri.

Kapolres dalam sambutannya menyampaikan, tujuan silaturahmi Kamtibmas ini meningkatkan sinergitas, serta untuk memberikan energi positif, dalam mengamankan dan mewujudkan Pemilu 2024 di Kabupaten Wonogiri yang aman dan damai.

Kata Kapolres, Pemilu merupakan momentum pesta demokrasi, yang diselenggarakan setiap lima tahun sekali. Untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai, diperlukan jalinan sinergitas Forkopimda bersama seluruh stakeholder. ”Ini sangatlah diperlukan, guna mewujudkan Pemilu yang aman dan damai, dalam situasi Kamtibmas yang kondusif,” tandas Kapolres.

Sangat Kuat

Kami yakin, tambah Kapolres, asas kekeluargaan dan tolong menolong serta rasa toleransi di Wonogiri, masih sangat kuat. Hal ini yang membuat Kapolres optimis, Wonogiri tetap aman kondusif, karena rasa persaudaraan dan persatuan, senantiasa terjalin dalam ikatan tali silaturahmi yang kuat.

Sementara itu, Bupati Wonogiri Joko Sutopo, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas digelarnya acara ini. ”Berkat dukungan Forkopimda, upaya pembangunan demokrasi di Wonogiri berjalan kondusif,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, dari hasil survey di masyarakat Kabupaten Wonogiri terdapat anomali menjelang Pemilu 2024, yang sampai dengan saat ini relatif kondusif dan tidak ada gesekan. Menurut KPU, angka indeks demokrasi Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu yg terbaik. ”Saya menyakini, ini karena adanya sinergitas dari Forkopimda di Kabupaten Wonogiri, kata Bupati.

Disebutkan oleh Bupati, survei kepuasan publik terhadap jajaran Forkopimda Kabupaten Wonogiri, direspon merespon dengan baik dan tingkat kepercayaan publik mencapai nilai 95 persen. Bupati berharap, ke depan sinergitas ini selalu terjaga untuk dapat bersama mewujudkan Kamtibmas yang aman dan damai. Yakni pelaksanaan tahapan Pemilu 2024, menjadi momentum pesta demokrasi menuju Indonesia maju.
Bambang Pur