blank
KH Achmad Chalwani mengisi peringatan Maulid Nabi Muhammad di Pendopo Kabumian Kebumen, Sabtu (30/9) malam. (Foto:SB/Kominfo Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Kebumen menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriyah di Pendopo Kabumian, Sabtu (30/9) malam.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menghadiri acara tersebut bersama Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, Kepala Kantor Kemenag Kebumen Sukarno, Ketua Baznas Bambanag Sucipto, Ketua PCNU Kebumen Dawamudin Masdar, dan Rois Syuriah PCNU Kebumen KH Afifuddin Chanif Al-Hasani (Gus Afif).

Hadir pula Sekretaris Umum MUI Jawa Tengah KH Muhyiddin. Sebagai pembicara adalah Pengasuh Pondok Pesantren An-Nawawi, Berjan, Gebang, Purworejo, KH Achmad Chalwani Nawawi.

Dalam sambutannya, Bupati mengajak masyarakat dan para ASN agar senantiasa menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai teladan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisa terwujud Kebumen yang sejahtera, mandiri dan berakhlak.

blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama KH Achmad Chalwani dan para ulama pada peringatan Maulid Nabi Muhammad di Pendopo Kabumian.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

KH Chalwani mengungkapkan, agar dalam merayakan Maulid Nabi sebagai bentuk penghormatan dan cinta terhadap baginda Rasulullah, diisi dengan kegiatan yang positif. Seperti bersolawat, pemberian sedekah, pengajian dan lainnya.

KH Chalwani juga sangat mengapresiasi kebijakan Pemkab Kebumen yang telah memberikan beasiswa kepada para santri. Hal tersebut sangat bermanfaat dan bernilai pahala yang besar.

Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan pendistribusian atau penyerahan Zakat , Infaq, shodaqoh dari Baznas Kebumen sebesar Rp 989.449.400 kepada  fakir miskin, mualaf, kaum disabilitas, dan siswa siswi kurang mampu.

Kegiatan Maulid Nabi juga dibarengi pengukuhan Pengurus MUI Kebumen masa bakti 2023-2028 oleh Sekretaris Umum MUI Jawa Tengah KH Muhyiddin. Pengurus MUI Kebumen antara lain Ketua Umum KH Nursodik Abdurrahman, Sekretaris H. Khamid, dan Bendahara H. Agan Suhari. Bupati Kebumen tercatat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan.

Komper Wardopo