blank
pengamanan kegiatan Apel Akbar Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) di Stadion Manahan Solo. Foto: Dok/Humas

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Surakarta menerjunkan 380 personel gabungan untuk pengamanan kegiatan Apel Akbar Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) di Stadion Manahan Solo, Rabu (20/9/2023).

Rencana dalam kegiatan Apel Akbar Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah akan dihadiri Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi).

Untuk mengantisipasi lonjakan tempat parkir para peserta, Polresta Surakarta telah menyiapkan sedikitnya tiga kantong parkir guna menampung kendaraan peserta kegiatan apel akbar tersebut.

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan, kantong parkir telah disiapkan di Terminal Tirtonadi, Kampus IV UMS, dan Edutorium UMS. Jika kantong parkir itu penuh maka kendaraan peserta bakal diarahkan ke Benteng Vastenburg Solo.

“Sebagian besar peserta apel akbar menggunakan bus. Setidaknya ada 300 bus peserta. Untuk kantong parkir sepeda motor disiapkan di sepanjang Jalan K.S. Tubun,” ucap Iwan.

“Sebanyak 380 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan kegiatan apel akbar Kokam. Mereka berasal dari anggota TNI-Polri, Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, dan Satpol PP Solo. Mereka bakal disebar di area Stadion Manahan Solo,” ungkapnya.

Pengamanan juga melibatkan internal Kokam  yang mengerahkan sekitar 300 anggota Kokam. “Rencananya, kegiatan apel akbar Kokam diikuti oleh 25.000 anggota. Nanti juga dijadwalkan dihadiri Presiden RI Ir. Joko Widodo,” ujarnya.

Dikatakan bahwa kegiatan apel akbar bakal digelar pada pukul 16.00 WIB. “Pihak kepolisian telah berkoordinasi dengan panitia apel akbar Kokam pada beberapa hari lalu. Koordinasi dilakukan untuk mematangkan persiapan kegiatan apel akbar Kokam tersebut,” tandasnya.

Ning S