blank
Penyerahan buku untuk donasi di Desa Tempur

JEPARA (SUARABARU.ID)  – Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Merpati Dabin I Kecamatan Jepara telah sukses mengadakan kegiatan dengan tema “Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran Melalui Penguatan Literasi”. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri Saripan dan dihadiri oleh Ketua Guru Penggerak Kabupaten Jepara. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pembelajaran para  guru di wilayah tersebut.

KKG Gugus Merpati Dabin I Kecamatan Jepara merupakan wadah bagi para guru untuk berkolaborasi, berbagi pengalaman, dan memperoleh pengetahuan baru dalam upaya meningkatkan pembelajaran melalui penguatan literasi. KKG adalah wadah para pemikir dan ahli untuk mencurahkan pendapat atau ide.

blank
Peserta Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran Melalui Penguatan Literasi

Era sekarang merupakan era distruktif, sebab di era industri 4.0 progres perubahan zaman terjadi secara total yang menuntut para guru untuk selalu membuat perubahan secara total dengan berkarya dan berinovasi menciptakan pembelajaran yang bervariatif guna meningkatkan mutu pendidikan.

Sebelum penyampaian materi dimulai, terlebih dahulu Ketua Guru Penggerak, Suraji, S.Pd.SD. Ia  menyampaikan beberapa hal yang inspiratif bagi para guru guna membangkitkan semangat mereka untuk mengabdi kepada negeri tercinta ini melalui peningkatan standar pelayanan dan mutu pendidikan.

Suraji  juga mengajak para guru untuk ikut mensukseskan Launching Kegiatan Guru Penggerak Kabupaten Jepara melalui “Donasi 1.000 Buku Bacaan” untuk desa Tempur di akhir kegiatan KKG ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, desa Tempur merupakan desa terpencil dengan fasilitas pendidikan yang kurang memadai. Rencana kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 30 September 2023. Adapun rangkaian Launching Kegiatan Guru Penggerak Kabupaten Jepara di Desa Tempur meliputi Berbagi 1.000 buku bacaan untuk siswa PAUD-TK, SD/MI, SMP/MTs, Guru Penggerak Mengajar,  Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Talkshow “Anak Cerdas Literasi dan Bermedsos”

blank

Ketua KKG Gugus Merpati Dabin I Kec. Jepara,  Agus Triyono, S.Pd. M.Pd., memberikan apresiasi yang tinggi atas upaya dan kinerja Guru Penggerak dalam rencana aksi Launching Kegiatan Guru Penggerak Kabupaten Jepara di desa Tempur guna meningkatkan mutu pendidikan. Ia berpesan kepada para guru yang hadir dalam KKG untuk ikut mendaftarkan diri sebagai Calon Guru Penggerak apabila program tersebut dibuka kembali.

Agus Triyono, S.Pd. M.Pd., juga  menyampaikan materi tentang “Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran Melalui Penguatan Literasi”.

Dalam kegiatan tersebut, Agus Triyono, S.Pd. M.Pd., mendorong dan memberikan dukungan kepada para guru dalam upaya meningkatkan performa pembelajaran yang selama ini telah dilakukan. Ia menyatakan pentingnya Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran Melalui Penguatan Literasi untuk mendorong kemajuan dan prestasi siswa secara merata. Apabila hal ini terwujud, tentunya membuat peserta didik menjadi Bahagia.

Di akhir kegiatan KKG ini, para guru yang hadir beserta pengurus KKG gugus Merpati Dabin I Kec. Jepara menyerahkan donasi buku bacaan yang dilaksanakan secara simbolik oleh salah satu perwakilan dari pengurus KKG, yakni  Sulistiyo Sofyan, S.Pd.SD untuk diserahkan kepada  Suraji, S.Pd.SD selaku Ketua Guru Penggerak Kabupaten Jepara dan dilanjutkan foto bersama.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang dilaksanakan oleh FKKG Kabupaten Jepara yang diketuai oleh  Suraji, S.Pd.SD dan  Agus Triyono, S.Pd.M.Pd., selaku sekretaris. Bentuk dukungan ini bertujuan untuk memajukan pendidikan di wilayah Jepara melalui kegiatan KKG yang ada diseluruh wilayah Kabupaten Jepara.

KKG Gugus Merpati Dabin I Kecamatan Jepara berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan yang mendukung pengembangan profesionalisme guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Mereka akan terus berbagi pengetahuan, pengalaman, dan praktik terbaik dalam rangka menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan berdaya guna.

Diharapkan kegiatan praktik baik “Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran Melalui Penguatan Literasi” yang diselenggarakan oleh KKG Gugus Merpati Dabin I Kecamatan Jepara ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan pendidikan di wilayah Jepara Khususnya dan wilayah-wilayah lain di Jepara.

Hadepe – Agus Tri