Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meninjau pelaksanaan pilkades serentak Selasa 12/9.(Foto:SB/Prokopim)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meninjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang berlangsung pada Selasa (12/9).

Ada 49 desa di 22 kecamatan mengadakan Pilkades serentak tahun ini. Bupati meninjau sejumlah lokasi Pilkades di Desa Bejiruyung, Kecamatan Sempor, Desa Kretek Kecamatan Rowokele, Desa Ayah, dan Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, serta Desa Rogodono, Kecamatan Buayan.

Dari hasil pemantuan di lapangan, Bupati bersyukur pelaksanaan Pilkades serentak di Kebumen secara umum berlangsung aman dan lancar. Masyarakat sangat antusias mengikuti pesta demokrasi tingkat desa ini.

“Alhamdulillah kita bersyukur Pilkades di Kebumen yang diikuti 49 desa berlangsung dengan aman dan lancar, antusias masyarakat sangat tinggi. Rata-rata tiap desa 80 persen masyarakat hadir untuk memberikan suaranya,”ujar Arif Sugiyanto.

Lima calon kades pada Pilklades di Desa Kretek Kecamatan Rowokele, Kebumen, Selasa 12/9.(Foto:SB/Prokopim)

Bupati menuturkan, semestinya ia hari itu masih berada di Maroko untuk mengikuti Konferensi Internasional Global Global Network ke-10. Berhubung di daerahnya ada hajatan besar, Pilkades serentak, ia harus pulang lebih dahulu.

“Jadi saya pulang dulu dari Maroko, karena ingin memastikan bahwa Pilkades serentak ini aman, lancar tidak ada kericuhan,”ucapnya.

Dia mengkui, ada beberapa desa yang berpotensi rawan terjadinya kericuhan. Namun, hal itu sudah diantisipasi. Pihak keamanan dari tim gabungan TNI/Polri dan Satpol PP telah siap siaga mengamankan jalannya Pilkades serentak di Kebumen.

“Kita juga telah memberikan pemahaman bahwa siapa pun yang menang, yang kalah harus menerima. Yang menang juga tidak terlalu euforia, karena itu bisa memancing para pendukung yang lain untuk ribut. Harus bisa menghormati, dan lebih bijak,ā€¯tuturnya.

Pihaknya juga meminta kepada para camat dan seluruh jajaran untuk turun langsung ikut mengamankan dan menjaga pesta demokrasi di tiap-tiap desa agar berlangsung aman dan lancar. “Perlu pendekatan persuasif kepada masing-masing calon, agar mereka saling menerima apa pun hasilnya,”ujar dia.

Bupati, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, serta Forkompimda secara terpisah juga memantau pilkade di sejumlah desa yang melaksanakan Pilkades.

Komper Wardopo