blank

JEPARA (SUARABARU.ID) -Pemdes Petekeyan pada hari ini, 6 September 2023 menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa ( Musrenbang Desa). Kegiatan tersebut dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah desa ( RKP Desa) tahun 2024 dan DU-RKP desa tahun 2025.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Tahunan, Nuril Abdillah beserta tim Kecamatan, Petinggi Petekeyan, Rohman beserta jajarannya, Ketua BPD, Abdul Afif beserta anggota, Babinkantibmas, Babinsa, Ketua RW, Ketua RT, Kelembagaan Desa, Tokoh masyarakat, tokoh agama, Pendamping desa, Ali Bashori, Pendamping desa bidang Pembangunan, Sholeh.

blank

Musrenbang Desa yang merupakan forum musyawarah tertinggi di tingkat desa ini membahas 5 bidang pembangunan meliputi penyelenggaraan pemerintah desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat, penanggulangan bencana, darurat, dan mendesak.

Dari 5 bidang perencanaan pembangunan tersebut dibentuk 5 kelompok yang membahas masing-masing usulan program dan hasilnya disampaikan dalam rapat Musrenbang Desa untuk dievaluasi, dikritisi, dan ditetapkan untuk RKP Desa tahun 2024 dan DU-RKP Desa tahun 2025.

blank

Camat Tahunan mengingatkan kepada peserta Musrenbang untuk cermat membaca aturan karena regulasi sering berubah. ” Pak RT itu ujung tombak informasi, menjadi mata-telinga Petinggi dan Camat maka harus cermat membaca aturan, mengidentifikasi kebutuhan lingkungannya. Kalau memang ada yang perlu prioritas, utamakan demi kemajuan desa,” tuturnya.

blank

Lebih lanjut Nuril mengatakan bahwa semua lembaga harus membantu petinggi untuk menyukseskan program pemerintah desa. ” Sehebat-hebat petinggi ada periodesasinya sehingga perlu disupport agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,” sambungnya.

Sementara Rohman, Petinggi Petekeyan mengapresiasi beberapa usulan strategis dari masing-masing bidang. Adapun hasilnya menurutnya akan disesuaikan dengan pagu anggaran yang diterima oleh desa Petekeyan.

Hadepe – Sub