Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta serahkan bantuan kepada nelayan

JEPARA (SUARABARU.ID) – Saat berdialog dengan nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Jambu Kecamatan Mlonggo, Kamis, (31/8/2023), Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta mendapatkan keluhan sarana dan prasarana disekitar pelabuhan dan TPI yang kurang memadai, seperti pendangkalan muara dan lampu suar yang kurang terlihat.

Turut hadir Ketua Komisi B DPRD Jepara Nur Khamid, Asisten II Sekda Jepara Hery Yulianto, dan pimpinan perangkat daerah terkait.

Menerima keluhan ini Pj Bupati Jepara memerintahkan Dinas PUPR berkolaborasi dengan Dinas Perikanan untuk melakukan pengerukan disekitar muara serta penggantian lampu. Disamping itu ia juga minta agar penjualan ikan di TPI ini diaktifkan kembali.

Edy menjelaskan TPI adalah salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor perikanan yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan. Termasuk menjadi sumber anggaran pemberdayaan nelayan.

Menurut Edy Supriyanta, saat ini terdapat 8.653 penduduk Jepara yang berprofesi sebagai nelayan. Hal tersebut menjadi perhatian khusus Pemkab Jepara melalui Dinas Perikanan dalam memberikan sarana prasarana penangkapan ikan untuk meningkatkan produktivitas, mutu hasil tangkapan, dan pendapatan nelayan.

Sebab menurut Pj. Bupati usaha penangkapan ikan di Jepara sendiri masih didominasi nelayan kecil. Dengan kapal kurang dari 5 GT, bersifat tradisional, dan daya jangkau operasi rendah.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Edy juga menyerahkan bantuan diantaranya jaring kepada KUB Sumber Mino Abadi Kecamatan Mlonggo, KUB Sumber Mino Baruna Kecamatan Mlonggo, KUB Bima Samudra Kecamatan Mlonggo, KUB Mina Samudra Kecamatan Mlonggo, dan KUB Mina Abadi II Kecamatan Mlonggo.

Ia juga menyerahkan bantuan berupa fasilitasi docking kapal kepada KUB Kakap Merah, KUB Mina Kencana, KUB Mina Berhasil, KUB Barakuda dan bantuan mesin kapal kepada KUB Sidodadi Kecamatan Donorojo.

Hadepe