blank
Idham Cholid ketika memberikan buku pada Kepala Kemenag Wonosobo, Panut. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Idham Cholid, seorang kolomnis di media online, politisi dan aktifis NU, membagi-bagikan buku “Menebar Kebajikan Mewujudkan Kemaslahatan” hasilnya karyanya ke beberapa pihak.

Salah satu pejabat yang menerima buku tersebut adalah Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wonosobo, Dr H Panut, MPd. Selain itu, juga Kepala MAN 1 Wonosobo Khoirul Umam dan Ketua Komite MAN 1 Riyadin, Kamis (31/8/2023).

Penulis buku yang pernah jadi Ketua DPRD Wonosobo dan anggota DPR RI itu, juga menyerahkan sejumlah buku ke Perpustakaan MAN 1 dan pengurus Osis MAN 1 setempat, sebagai khasanah buku bacaan baru bagi siswa.

Idham Cholid mengatakan buku tersebut merupakan kumpulan tulisan yang pernah dimuat di beberapa media mainstream, yang sebagian besar media online, yang jadi referensi bagi banyak pembaca.

“Sudah sejak lama saya sebenarnya punya keinginan membukukan tulisan-tulisan saya yang tersebar di berbagai media. Namun baru pada paruh tahun 2023 ini teralisasi. Maka ide-ide yang sudah saya tulis tersebut musti dibaca banyak orang,” katanya.

Testimoni Pembaca

blank
Idham Cholid ketika memberikan buku pada Perpustakaan MAN 1 Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Idham bercerita, esai dalam buku ini ditulis dalam berbagai kesempatan. Kapan pun dan di manapun, saat sebuah ide menggedor-gedor alam pikirannya. Sebagai sebuah buku kumpulan tulisan di berbagai media, tema yang ada pun cukup beragam.

“Tema di buku ini cukup beragam dan vareatif. Ada tema ke-NU-an, sosial, politik, sejarah, tokoh publik, ekonomi dan bahkan soal kepolisian. Pokoknya, setiap ada hal yang tengah jadi perbincangan publik, saya tulis dan dikirim ke media,” akunya.

Buku ini cukup istimewa karena ada berbagai testimoni dari para tokoh yang telah membaca kolomnya di media massa yang telah terbit sebelumnya. Mereka terdiri Menteri Agama Yahya Choli Tsaquf, pejabat kepolisian, tokoh publik, pengurus NU, politisi, akademisi, wartawan hingga pedagang kecil.

Kepala MAN 1 Wonosobo Khoirul Umam mengaku berterima kasih atas pemberian buku dari Pak Idham untuk perpustakaan madrasah yang dipimpinnya. Buku ini diharapkan bisa jadi inspirasi siswa-siswanya untuk melakukan hal yang sama.

“Penulis buku ini merupakan alumni MAN 1 Wonosobo tahun 90-an. Pernah jadi Ketua Osis di masanya. Pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Wonosobo dan anggota DPR RI. Ini menunjukkan kalo alumni MAN 1 Wonosobo bisa jadi pejabat publik dan politisi yang handal,” tuturnya.

Muharno Zarka