blank
Petugas Dishub Wonogiri, memasang rambu penunjuk pengalihan arus lalu lintas, untuk mendukung suskses karnaval pawai pembangunan yang Minggu (20/8) besok digelar serentak di 25 kecamatan se Kabupaten Wonogiri.(Dok.Dishub Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Event mingguan Car Free Day (CFD) di Kota Wonogiri, Minggu (20/8), ditiadakan. karena akan digelar karnaval pawai budaya memeriahkan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023. Karnaval pawai budaya akan dilaksanakan serentak, Minggu (20/8), di 25 kecamatan se Kabupaten Wonogiri.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wonogiri, Waluyo, menyatakan, untuk mendukung sukses pelaksanaan karnaval, akan dilakukan rekayasa pengaturan dan pengalihan arus lalu lintas di Kota Wonogiri.

Ruas Jalan Jenderal Sudirman yang menjadi jalan protokol, dikhususkan untuk karnaval yang mengambil start dari Lapangan Sukorejo dan finish di Alun-alun Giri Krida Bakti depan Kantor Bupati Wonogiri.

Arus dari arah utara dilewatkan ke Jalan Ir Sukarno. Yang dari arah selatan, dibelokkan ke kiri langsung tembus belakang Pasar Wonogiri Kota. Bagi kendaraan besar dan berat, diarahkan melewati ruas Jalan Lingkar Kota (JLK). Yakni Polres Wonogiri ke arah barat, tembus ke Terminal Giri Adipura Krisak, Selogiri.

Pracimantoro

Pengaturan di masing-masing kecamatan, sepenuhnya dilakukan oleh Polsek bersama Forkompimcam. Di Kecamatan Pracimantoro, pengalihan arus dilakukan di 5 titik. Dari arah utara ke wilayah Yogyakarta, dialihkan ke barat sejak pertigaan Sawahan.

Yang dari Baturetno-Pacitan, Sumber Agung, Rongkop (DI Yogyakarta) dialihkan sejak pertigaan TB Hidayah. Dari Bedoyo (DIY) dialihkan sejak pertigaan Blindas. Arus lalu lintas dari Rongkop (DIY) yang akan ke utara, dialihkan sejak Warung Pojok dekat SMP Negeri 1 Pracimantoro.

Arus lalu lintas dari Baturetno-Pascitan yang akan ke Yogyakarta, diarahkan melewati ruas Jalan Lingkar Selatan (JLS). Petugas memasang rambu-rambu penunjuk pengalihan arus di  titik yang telah ditentukan sebagai jalan alternatif.

Kendaraan yang diberi prioritas untuk tetap melewati jalur semula, hanya mobil ambulance, truk tangki BBM dan bus yang memiliki trayek.

Kepada awak media, Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, menyatakan, petugas kepolisian di seluruh Kabupaten Wonogiri, siap untuk mendukung suksesnya karnaval pawai pembangunan memeriahkan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI tersebut.
Bambang Pur