blank
Komunitas warga di RT 4/RW 10 Lingkungan Banaran, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri, menggelar upacara tujuhbelasan di perempatan jalan.(Dok.Ali Makmur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Warga di tingkat Rukun Tetangga (RT) 4 di Rukun Warga (RW) 10 Lingkungan Banaran, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Kamis (17/8), menggelar upacara di perempatan jalan. Ini menjadi sesuatu yang unik, karena tidak semua RT menggelar upacara tujuhbelasan.

Upacara tujuhbelasan memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 yang digelar di perempatan jalan kampung tersebut, ditandai dengan pengibaran bendera Merah Putih. Tampil menjadi inspektur upacara Ketua RT setempat, Tri Indrianto, mengenakan busana Pakaian Sipil Lengkap (PSL) atau jas berdasi.

Tokoh masyarakat Lingkungan Banaran, Ali Makmur, mengabarkan, upacara berjalan khidmat, diwarnai dengan semangat nasionalisme dan jiwa patriotisme untuk mensyukuri kemerdekaan. Juga sebagai wujud penghormatan, kepada para pejuang dan pahlawan pendiri negeri.

Upacara diikuti oleh segenap warga, yang masing-masing membentuk barisan sebagai peserta. Selama upacara berlangsung, dilakukan rekayasa penutupan ruas jalan dan pengalihan sementara arus lalu lintas.

Lomba Defile

Tim Ronda malam ditunjuk menjadi petugas upacara, mengenakan busana baju lengan panjang warna putih dan memakai peci hitam. Ibu-ibu dari PKK tampil menjadi regu paduan suara, menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya karya Komponis WR Supratman, untuk mengiringi pengibaran bendera Merah Putih.

Sementara itu, upacara tujuhbelasan Kamis (17/8) digelar serentak oleh semua pelajar di semua sekolah, para pegawai melaksanakan upacara di kantor-kantor. Upacara juga digelar serentak di 25 kecamatan se Kabupaten Wonogiri, dengan inspektur upacara para Camat.

Untuk upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-78 Tahun 2023 tingkat Kabupaten, digelar di Stadion Pringgondani, Wonokarto, Wonogiri. Tampil menjadi inspektur upacara Bupati Wonogiri Joko Sutopo. Dalam upacara tersebut, Ketua DPRD Wonogiri, Sriyono, membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan, dan Wakil Bupati Setyo Sukarno membacakan Pembukaan UUD 45.

Usai upacara, dilakukan lomba defile yag diikuti oleh semua pasukan peserta upacara. Ikut serta Kompi SMK Negeri 1 yang telah dua tahun berturut meraih gelar juara pertama defile tingkat Kabupaten Wonogiri.

Bambang Pur