Grup musik Lohjinawi dari Gunungkidul DI Yogyakarta, tampil memeriahkan malam tirakatan dan respsi tujuhbelasan di Madyorejo, Jetis, Sukoharjo.(Dok.Begug SW)

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – ”Jangan bosan-bosan memekikkan salam kemerdekaan. Merdeka,” ucap Joko Sarjana, Ketua RT1/RW 7 Kampung Madyorejo, Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo. ”Merdeka….” jawab hadirin di acara malam tirakatan Tujuhbelasan.

Malam tirakatan, adalah momen untuk merefleksikan sejarah para perjuangan, serta merenungkan bagaimana kita sebagai warga negara ikut serta berperan aktif dalam memajukan Indonesia. ”Mari kita tingkatkan semangat gotong royong,” tandas Joko Sarjana.

Melalui momentum peringatan kemerdekaan, masyarakat diseru untuk meningkatkan kerukunan, sesuai dengan slogan ‘Madyorejo Guyub Rukun.’ Saling membantu,  menghargai dan menciptakan lingkungan yang aman, tentram dan nyaman.

Tokoh masyarakat Sukoharjo, Begug Suwarman, mengabarkan, acara tirakatan dan resepsi HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023, digelar Rabu malam (16/8). Acara ini digelar di Jalan Semeru Timur, depan Masjid Al- Falah. Tamu yang hadir mengisi daftar absensi dan menerima kupon undian berhadiah.

Lohjinawi

Acara berlangsung khidmat, aman, nyaman, tertib dan lancar dengan dipandu duet petugas MC Josef dan Kartika. Malam tirakatan mengambil tema ”Bersama Madyorejo Indonesia Maju.” Panitia membagikan hadiah kepada para juara lomba. Pembacaan teks Proklamasi dan Pancasila dilakukan oleh Rizal Daffa dan Akbar.

Dalam kesempatan tersebut, juga dibacakan sambutan tertulis Bupati Sukoharjo, Etik Suryani oleh Eko Meiyanto. Intinya, mengajak seluruh masyarakat untuk saling intropeksi dan dapat memaknai kemerdekaan sebagaimana diperjuangkan oleh para pahlawan.

Tema peringatan nasinal HUT RI Ke-78 Tahun 2023, yaitu ”Terus Melaju Untuk Indonesa Maju.” Ini selaras dengan Visi Kabupaten Sukoharjo Tahun 2021-2026, ”Mewujudkan Masyarakat  Sukoharjo Yang Lebih Makmur.

Malam tirakatan ditandai pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada Ketua Pemuda (Puma-20) Rizal Daffa, dirangkai berdoa yang dipandu Ir H Rudy Setyohadi. Acara berlangsung meriah dengan tampilnya Group Musik Lohjinawi dari Gunung Kidul, DI Yogyakarta.
Bambang Pur