Pemicu kebakaran Kantor CV Vista Karya, diduga dari konsleting listrik pada perangkat AC untuk pedingin ruangan yang tertempel pada dinding.(Dok.Damkar Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kebakaran terjadi lagi di Kabupaten Wonogiri. Amukan jago merah, Rabu dinihari tadi (16/8), membakar Kantor CV Vista Karya di Dusun Bulusari RT 1/RW 5 Desa Bulusulur, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Ini merupakan kebakaran yang ke 45 kalinya di Kabupaten Wonogiri.

Kepada petugas, Saksi Heru Istianto (64), yang bertetangga dengan Kantor CV tersebut, menyatakan, terbangun saat mendengar suara gemuruh. Saksi yang bertetangga dengan Kantor CV milik Bambang Sir Kuncoro tersebut, kaget saat melihat kobaran api di bagian atap kantor.

Saksi segera memukul kentongan isyarat tanda bahaya, dan datanglah tetangga lain, yakni Suyitno (56)  dan Riyanto (48) ke lokasi kebakaran. Bersama tetangga lain, kemudian dilakukan upaya pemadaman. Tapi terkendala di lokasi tidak ada persediaan air yang cukup. Juga tidak ada Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR).

Segera kemudian dilakukan kontak permohonan pemadaman ke Damkar Pemkab Wonogiri. Begitu mendapatkan kontak, Komandan Regu (Danru) III Setyo Pamungkas bersama 6 anggota yang piket, segera meluncur ke lokasi, dengan membawa serta dua unit mobil brandweer.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, menyatakan, kejadiannya berlangsung Pukul 03.00 dan pemadaman dilakukan sampai Pukul 04.00. Pemadaman dibantu personel Polsek Wonogiri Kota bersama warga sekitar.

Rusak

Sumber api kebakaran masih diselidiki petugas, tapi diperkirakan berasal dari perangkat AC yang ditempelkan dinding mengalami konsleting pada sistem kelistrikannya. Sebab, sehari sebelumnya, AC tersebut mengalami kerusakan dan sempat diperbaiki. Tidak ada korban jiwa, karena kantor CV tersebut dalam keadaan kosong. Kerugian diprediksi mencapai ratusan juta rupiah.

Musibah kebakaran yang terjadi pada Kantor CV tersebut, tambah Joko, merupakan kejadian pemadaman yang ke 45 kalinya selama kurun waktu 7,5 bulan di Tahun 2023. Ini berarti, rata-rata per bulan di Kabupaten Wonogiri terjadi 6 kali kasus kebakaran yang dipadamkan oleh Damkar.

Kepala UPTD Damkar Kabupaten Wonogiri, Joko Santosa, mengimbau kepada warga masyarakat, untuk meningkatkan kewaspadaannya dalam upaya mengantisipasi bahaya kebakaran. Bijaksana untuk melakukan kontrol jaringan listrik yang terpasang di dalam rumah.

Ruangan yang ditinggalkan kosong, lebih baik dilakukan pemadaman alirn listriknya. Kepada masyarakat juga diseru untuk tidak membakar sampah, karena sejumlah musibah kebakaran ada yang dipicu oleh api pembakaran sampah.
Bambang Pur