blank
Kabidhumas Polda Jateng lama, Kombes Pol M Iqbal Alqudussy menyerahkan jabatannya kepada Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto. Foto: Dok/Bidhumas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi memimpin serah terima jabatan (Sertijab) Pejabat Utama (PJU) Polda Jateng dan lima kapolres jajaran yang berlangsung di Gedung Borobudur Mapolda Jateng, Kamis (20/7/2023).

Mereka adalah Dirsamapta, Dirresnarkoba, Kabid Hukum dan Kabid Humas. Sedangkan lima Kapolres yakni Kapolres Blora, Kapolres Temanggung, Kapolres Sragen, Kapolres Kendal dan Kapolres Salatiga.

Dirsamapta Polda Jateng yang semula dijabat Kombes Pol Djoko Susilo, kini digantikan Kombes Pol Risto Samodra. Sedangkan Dirresnarkoba Polda Jateng yang semula dijabat Kombes Pol Luthfi Martadian digantikan Kombes Pol Muhammad Anwar Nasir.

Selanjutnya Kabid Hukum Polda Jateng, dari Kombes Pol Imran Amir diserahkan kepada Johanes Setiawan Widjanarko, dan Kabidhumas yang semula dijabat Kombes Pol M Iqbal Alqudussy digantikan Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto.

Sedangkan jabatan Kapolres yang dirotasi diantaranya Kapolres Blora dari AKBP Fahrurozi kepada AKBP Agus Puryadi, Kapolres Sragen dari AKBP Piter Yanotama kepada AKBP Jamal Alam, Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi kepada AKBP Ary Sudrajat, Kapolres Kendal dari AKBP Jamal Alam kepada AKBP Feria Kurniawan dan Kapolres Salatiga AKBP Feria Kurniawan kepada AKBP Aryuni Novitasari.

Kapolda menyebut, sertijab merupakan hal yang wajar dan bertujuan untuk penyegaran di institusi kepolisian. Mutasi juga dilaksanakan dalam rangka pembinaan karier anggota Polri.

“Sertijab ini salah satu bagian dinamika untuk kesehatan organisasi dalam rangka pembinaan karier anggota Polri,” ujar Luthfi.

“Saya yakin dan percaya beliau (Kabidhumas baru) mampu mengemban tugas dengan baik sebagai mitra wartawan. Sebelumnya di Bali (juga sebagai Kabidhumas Polda Bali), dan disini (Jawa Tengah) sudah seperti rumah sendiri. Beliau aslinya dari Magelang,” jelas Luthfi.

Sementara Kombes Pol Satake Bayu mengaku enjoy selama menjadi Kabidhumas di beberapa Provinsi.

Diketahui, Kombes Satake pertama kali menjabat sebagai Kabidhumas Polda Sumatera Barat pada 2019. Selanjutnya pada tahun 2022 menjadi Kabidhumas Polda Bali. Dan kali ini dipercaya menjabat sebagai Kabidhumas Polda Jateng.

“Saya senang dengan jabatan Kabidhumas. Terutama karena bermitra dengan para wartawan. Saya senang, enjoy dan menikmati,” tutur Kombes Satake Bayu.

Satake Bayu berharap dalam bertugas di Polda Jateng, para mitra wartawan bisa mendukung tugasnya dengan baik. Sehingga bisa membawa citra baik kepolisian di mata masyarakat.

“Kebijakan-kebijakan pejabat lama yang positif terkait kemitraan, akan kami lanjutkan,” tegasnya.

Ning S