Sebelum melakukan pemberangkatan resmi event Trabas Bhayangkara 2023, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (kiri depan) bersama jajaran Forkompimda, melakukan ujicoba lintasan.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Ratusan crosser, Minggu (2/7), melakukan adu mahir di Event Trabas Bhayangkara 2023 Kabupaten Pacitan, Jatim. Mengendarai kuda besi motocross, para peserta mengadu keterampilan untuk menaklukkan track menantang di jalur yang memiliki medan beragam.

Sebagaimana diketahui, motocross adalah bentuk perlombaan atau kejuaraan olahraga cabang balap motor yang digelar di sirkuit tanah. Olahraga ini, berevolusi dari kompetisi uji coba sepeda motor di Inggris.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, semalam, mengabarkan, event tersebut dilaksanakan dalam rangkaian ikut memeriahkan peringatan HUT Ke-77 Bhayangakara Tahun 2023 di Pacitan, Jatim. Pesertanya datang dari para crosser yang berasal dari berbagai daerah, seperti dari Wilayah Madiun, Kabupaten Ponorogo, beserta dari sejumlah kabupaten tetangga.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, berkenan memberangkatkan peserta Trabas Kloter 1 dengan kibasan bendera start. Dilanjutkan pemberangkatan Kloter 2 oleh Kapolres Pacitan AKBP Wildan Alberd, serta pelepasan Kloter 3 oleh Dandim 0801 Pacitan Letkol (Inf) Roliyanto.

Sebelum memberangkatkan peserta reguler, Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan) beserta jajaran Forkopimda, terlebih dahulu mencoba track Trabas Bhayangkara tersebut, untuk sekaligus melakukan cek lintasan.

Trabas dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara Ke-77 ini, mengambil start dan finish di Sirkuit Gelora Intan Samudra Pancer, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan dan Kabupaten Pacitan. Melintasi 8 desa di 2 wilayah kecamatan di Kabupaten Pacitan.

Bersamaan dengan penyelenggaraan event Trabas ini, juga dilakukan Bakti Sosial (Baksos) dengan memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu beserta warga kurang beruntung.
Bambang Pur