blank
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo bersama Alumni Wira Satya Angkatan 1966 berfoto bersama. Foto: Ning/S

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meresmikan Wisma Wira Satya di Kompleks Akademi Kepolisian (Akpol), Kota Semarang, Senin (26/6/2023).

Wisma ini merupakan hibah dari Yayasan Wira Satya yang merupakan alumni Akpol angkatan 1996.

Menurut Ketua Yayasan Alumni Wira Satya Angkatan 1966, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto, pihaknya menyerahkan hibah berupa bangunan Wisma Wira Satya yang dibangun di atas tanah milik Akpol seluas 1000 meter persegi.

“Kami hibahkan ke Akpol. Nantinya bisa dimanfaatkan untuk antap (anggota tetap) Akpol maupun keluarga besar Akpol yang kemungkinan pada saat ini belum memiliki tempat tinggal, bisa untuk sementara tinggal di sini,” kata Budhi kepada awak media.

Dikatakan, wisma ini dibangun di atas tanah milik Akpol dengan luas sekitar 1.000 meter persegi. “Dibangun 3 lantai, lantai 1 untuk lobi dan parkir, sementara lantai 2 dan 3 untuk kamar dengan jumlah total 30 kamar,” tuturnya.

Pembangunan wisma, kata dia, untuk mengenang ketika pendidikan taruna. Dimana saat itu kondisi wismanya tidak layak. Sehingga Yayasan Wira Satya berinisiatif untuk merenovasi, membangun ulang agar layak dan bisa ditempati keluarga besar Akpol.

“Kami ingin kebersamaan, bahwa kami bisa seperti sekarang ini karena dulu kami di awal dididik di Akpol. Ibarat pepatah kacang tidak lupa kulitnya,” ujarnya didampingi Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy.

Ia menyebut, Batalyon Wira Satya 96 ini juga melakukan beberapa kegiatan sosial lainnya. Diantaranya membangun Pondok Pesantren Darul Quran Wira Satya di Kalimantan Selatan yang akan diresmikan besok. Ponpes ini bisa untuk masyarakat umum, termasuk yatim piatu yang mau belajar agama.

Pada kegiatan ini, Batalyon Wira Satya 1996 yang hadir diantaranya, Brigjen Pol Edison Isir yang merupakan peraih Adhi Makayasa, Brigjen Ribut Hari Wibowo yang saat ini menjabat Kepala Biro Pembinaan Karir SSDM Polri, Kombes Pol Basya Radyananda saat ini Kepala Biro Operasional Polda Jateng,

Saat ini Akpol angkatan 1996 tersebar di beberapa pos penting baik di Polri maupun luar struktur Polri. Beberapa bertugas di Densus 88 Antiteror Polri, Badan Narkotika Nasional (BNN) hingga Badan Intelijen Negara (BIN).

Sementara itu Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy mengatakan, ada slogan di angkatannya, yakni “Satu Hati Pangsiun Bahagia Bersama”.

“Slogan itu sebagai komitmen janji kami untuk bersama sebagai keluarga besar alumni Akpol angkatan Wira Satya, baik saat berdinas maupun nantinya saat purna tugas bahagia bersama,” tambah Iqbal yang juga lulusan Akpol 1996.

Ning S