blank
Mualimin, Ketua LP Ma'arif NU Jepara saat membuka acara Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

JEPARA (SUARABARU.ID) – “Guru hebat menjadi idola sepanjang hayat,” ujar Mualimin, Ketua LP Ma’arif NU Jepara saat membuka acara Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Kegiatan yang dilaksanakan di aula 2 LP Ma’arif ini merupakan hari ketiga Bimtek IKM kerjasama antara KKMTs 02 Jepara dengan penerbit Erlangga.

Guru hebat menurut Mualimin, kiprah pengabdiannya akan sangat membekas dalam sanubari murid-murid yang pernah dididik dan sekaligus menjadi motivator anak-anak dalam meraih masa depannya. “Guru hebat juga menjadi inspirator orang-orang yang ada disekitarnya, baik siswa, lingkungan sekolah maupun ditengah-tengah masyarakat” ujar Mualimin.

blank
Narasumber dan pengurus KKMTs 02 Jepara

Untuk menjadi guru hebat, seorang guru menurut Mualimin harus konsisten memegang kunci 4 M yang meliputi mendidik, memantau, mengembangkan, dan mendoakan. “Karena itu seorang guru harus terus meningkatkan kompetensinya,” terangnya

Mualimin juga mengajak peserta Bimtek IKM zona selatan untuk semangat dalam mengikuti kegiatan Bimtek ini.” Pelaksanaan Bimtek IKM di zona utara diikuti 91 dengan sukses, di zona tengah diikuti 81 peserta juga sukses. Hari ketiga ini Bimtek IKM diikuti 85 peserta. Bapak/ Ibu harus semangat, jangan sampai kalah dengan zona utara dan tengah, ” pinta Mualimin yang juga Ketua KKMTs 02 Jepara.

blank
Narasumber Bimtek IKM

Mengakhiri sambutannya, Mualimin menyisipkan sebuah pantun yang menjadi ciri khasnya. ” Rindu berat terasa dekat, minum susah makan tak gairah. Guru hebat siswa semangat, Kurikulum berubah tak kan menyerah,” tutur Mualimin yang disambut applaus peserta.

Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan KKMTs 02 Jepara selama 3 hari ini merupakan rangkaian persiapan menyambut diberlakukannya IKM pada tahun pelajaran 2023/2024. Masing-masing madrasah telah disiapkan Tim Pengembang IKM dengan sosialisasi dan Bimtek IKM yang diikuti Kepala madrasah, Waka. Kurikulum, dan guru inti madrasah. Tim tersebut mempunyai tugas untuk melakukan desiminasi kepada guru-guru di masing-masing madrasah.

Bekerjasama dengan penerbit Erlangga, KKMTs 02 Jepara terus melakukan inovasi dan pengembangan madrasah untuk merespon setiap perubahan dan dinamika pendidikan. Sebelumnya KKMTs 02 telah menjalin kerjasama dengan Penerbit Erlangga dalam bentuk pengembangan perpustakaan digital melalui E-lebrary.

blank
Peserta antusias ikuti Bimtek IKM

Dalam waktu dekat KKMTs 02 akan melengkapi fasilitas dengan ” Pojok Literasi”, sebuah stand yang berisi buku-buku bacaan dan referensi yang dapat dibaca dan diakses oleh siapapun.

“Kami akan menyiapkan stand Pojok Baca di KKMTs 02 Jepara ini berisi buku-buku terbitan Erlangga, baik buku-buku fiksi maupun non fiksi,” terang Agung Santosa, asisten manager Erlangga.

Hadepe – Sub