Dua Atlet Asean Para Games Kamboja asal Kabupaten Jepara Subhan (29) dan Aris Wibawa (31), berhasil menyumbangkan emas untuk Indonesia.

JEPARA (SUARABARU.I) – Dua Atlet Asean Para Games Kamboja asal Kabupaten Jepara Subhan (29) dan Aris Wibawa (31), berhasil menyumbangkan emas untuk Indonesia. Atas prestasi itu, dua atlet asal Jepara telah mampu menyumbangkan 3 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu untuk Indonesia.

Subhan yang merupakan atlet para badminton berhasil menyumbangkan 2 medali emas dan 1 medali perak. Dua medali emas diraih dari nomor ganda putra dan ganda campuran, dan 1 medali perak dari nomor single putra.

Sementara Aris Wibawanya merupakan atlet pararenang berhasil menyumbangkan 1 buah medali emas dan 1 buah medali perunggu

Asian Para Games merupakan even tertinggi bidang olahraga bagi penyandang disabilitas di Asia Tenggara. Asean Para Games XII Kamboja tahun 2023, dilaksanakan sejak tanggal 3 hingga 9 Juni 2023, dan menempatkan Indonesia sebagai juara umum.

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta yang diwakili oleh Plt. Asisten I Sekda Jepara Ratib Zaini saat serahkan penghargaan

Karena itu saat mereka pulang dilakukan kirab atlet Asean Para Games ke XII Kamboja dilalukukan dengan jalan kaki (longmarch), dari rumah dinas Wakil Bupati hingga depan Alun-alun Jepara atau Kantor Setda Jepara, Minggu (25/06/2023).

Rombongan Atlet disambut secara langsung oleh Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta yang diwakili oleh Plt. Asisten I Sekda Jepara Ratib Zaini beserta Kepala Perangkat Daerah. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan karena sudah membanggakan Jepara di ajang Internasional.

Ketua National Paralympic Committe Indonesia (KNPCI) Kabupaten Jepara Asrori mengatakan kirab ini merupakan sebagai bentuk perhatian dan apresiasi kepada mereka. Semua Ini untuk memberikan semangat kepada anak-anak penyandang disabilitas untuk tidak putus asa dan tetap semangat. “Dengan kondisi apapun, bahwa para atlet Jepara dapat berprestasi dikancah Internasional,” kata Asrori.

Plt. Asisten I Sekda Jepara Ratib Zaini menyampaikan mereka adalah pahlawan yang telah berjuang di ASEAN Para Games dan memperoleh medali yang tidak sedikit, mereka adalah warga Jepara yang telah mengharumkan Indonesia,” katanya.

Ia menuturkan sebagai wujud apresiasi kepada mereka, maka hari ini diadakan kirab, ditunjukkan kepada masyarakat bahwa mereka mampu berprestasi di ajang bergengsi di Asia Tenggara.

Di Jepara ini ternyata ada sejumlah atlet yang lahir dengan tataran nasional, harus kita pelihara terus. Menurut dia, mereka sudah berusaha maksimal dan puncaknya meraih medali emas. Hal ini harus dibina terus agar yang di bawah ini, yang masih proses pembelajaran di tataran daerah ini, bisa meraih dan sukses di tingkat internasional.

“Semua atas kerja keras mereka, dan hari ini juga akan dilaksanakan talent scouting pola pembibitan atau pola rekrutmen di GOR Mantingan terhadap rekan-rekan yang berkemampuan khusus,” kata Ratib.

Ratib berharap, kepada rekan-rekan yang berkemampuan khusus diharap mengikuti talent scouting, siapa tahu nanti muncul Subkhan dan Aris yang baru tidak hanya di cabang renang dan bulutangkis.

“Untuk itu terus semangat untuk memajukan Jepara baik di bidang olah raga maupun bidang yang lain, kami tidak bisa memberi apa-apa, hanya penghargaan terima kasih yang setinggi-tingginya,” harapnya.

Hadepe – Kmf – Umar