blank
Pohon kurma di MAJT yang mulai berbuah, rencana akan ditinjau Menko Polhukam Prof Dr Mahdud MD, usai menjadi Khatib Idul Adha 1444 Hijriyah di MAJT. Foto: Dok/SB

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) dengan reputasi internasionalnya, telah menyiapkan berbagai kegiatan dalam rangka menyemarakkan hari raya Idul Adha 1444 Hijriyah, agar siarnya semakin bergaung dan gempita.

Agenda yang dirancang, antara lain menyelenggarakan lomba Takbir Asyik bekerja sama dengan Televisi Kampus Udinus  (TVKU), pada malam takbiran di area Plaza yang berarsitektur Jawa, Eropa dan Timur Tengah.

Agenda utama menyelenggarakan Salat Id dengan khatib Menkopolhukam Prof Dr Mahfud MD dengan sejumlah serta agenda kegiatan di MAJT, termasuk hewan kurban.

Ketua Panitia Idul Adha 1444 Hijriyah MAJT, Prof Dr KH Nur Khoirin MAg kepada pers, Kamis (23/6/2023) menjelaskan, lomba Takbir Asyik akan digelar, di malam takbir, Rabu, 28 Juni 2023, dimulai pukul 19.30 WIB, akan diikuti segenap masjid, pesantren dan perguruan tinggi,  se-Jawa Tengah.

Lomba merebutkan 3 ekor kambing, untuk juara 1 seharga Rp 4.000.000, juara 2, Rp 3.750.000 dan juara 3 seharga Rp 3.500.000.

Panitia membatasi peserta maksimal hanya 25 tim. Maka bagi yang berminat diharapkan segera mendaftar dengan batas akhir pendaftaran 25 Juni 2023.

Setiap tim maksimal terdiri 30 orang, tampil maksimal 5 menit dan langsung dinilai Dewan Juri.

Kriteria penilaian meliputi koreografi, kekompakan takbir, kefasihan lafaz serta kekompakan nada pengiring seperti rebana kendang dan sebagainya.

Untuk kontum akan dinilai kesesuaian dengan tema, kreasi kostum, keserasian pakaian antar anggota tim serta dinilai kreativitas gerakan.

Menurut Prof Nur Khoirin, MAJT menyiapkan pelaksanaan salat Id dengan ekstra serius, mengingat yang akan menjadi khatib Prof Mahfud MD, sehingga akan banyak kegiatan yang menyertai.

Agenda Mahfud MD usai salat Id, menggelar pertemuan dengan pejabat Forkompimda Jawa Tengah, tokoh masyarakat dan para ulama.

Selain itu, Prof Mahfud MD akan menyaksikan ratusan pohon kurma di MAJT, yang kini mulai berbuah serta meninjau kawasan Wisata Agro, yang terbentang di areal seluas 8 hektar.

Di area ini banyak buah-buahan yang siap dipanen, antara lain melon, sawo raksasa, dan berbagai jenis buah lainnya.

Untuk penyelenggaraan hewan kurban, lanjut Prof Nur Khoirin, hingga kini MAJT masih siap menerima hewan kurban dari masyarakat dan instansional.

Rencana penyembelihan hewan kurban akan dilaksanakan di hari Tasyrik, pada hari Sabtu, 31Juni 2023.

Ning S