blank
Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH menerima cendera mata dari panitia seusai menjadi pemateri dalam Ngaji Pancasila yang digelar BEM USM, baru-baru ini. (foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Semarang (BEM USM) menyelenggarakan seminar Ngaji Pancasila dengan tema “Generasi Mahasiswa Bicara Pancasila”, di Gedung V Lantai 6 USM, baru-baru ini.

Kegiatan yang dipandu moderator Gideon Budi Santo itu diikuti 150 peserta terdiri atas mahasiswa, delegasi berbagai organisasi dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) USM serta jajaran pengurus dan masyarakat Kampung Pancasila.

Kegiatan dibuka Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH dan didampingi Pendiri Kampung Pancasila Achmad Robani Albar SH MH.

Ketua Panitia, Satria Nibras Yudida Wahyudi mengatakan, tujuan kegiatan menanamkan dan membumikan nilai luhur Pancasila kepada masyarakat terutama bagi generasi muda.

“Tujuan kegiatan ini untuk menanamkan kembali dan membumikan nilai-nilai luhur sila Pancasila kepada masyarakat Indonesia terutama bagi generasi muda “, katanya.

Pada kesempatan itu, Achmad Robani memberikan materi mengenai sejarah berdirinya Kampung Pancasila sebagai bentuk dari kepeduliannya terhadap kelestarian nilai luhur Pancasila di masyarakat khususnya generasi muda. Lalu dilanjutkan pemaparan materi Junaidi yang menjelaskan pentingnya mahasiswa mengenal dan membumikan nilai-nilai Pancasila di lingkungan universitas.

Robani berharap, kegiatan Ngaji Pancasila dapat menjadi kegiatan rutin untuk membumikan nilai-nilai Pancasila pada kepribadian generasi muda.

“Saya berharap, kegiatan Ngaji Pancasila dapat kembali dilakukan sebagai kegiatan rutin untuk membumikan nilai-nilai Pancasila pada kepribadian generasi muda agara tidak terkikis,” ungkapnya.

Muhaimin