Siswa SD Negeri 1 Cepu, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, menerima hadiah dan piala, di GOR Mustika Blora, Jateng. Foto: Kudnadi Saputro Blora 
BLORA (SUARABARU.ID) — Menanamkan budaya tertib berlalu lintas sejak dini, ratusan anak mengikuti lomba polisi cilik, sekaligus  mendidik generasi muda tertib lalu lintas dan sadar akan nilai-nilai budi pekerti luhur dan disiplin.
Sehubungan dengan itu Satlantas Kepolisian Resor (Polres) Blora, Polda Jateng, menggelar Lomba Polisi Cilik (Polcil) dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) sebagai salah satu kegiatan peringatan Hari Bhayangkara Ke-77 tahun 2023, yang  diperingati setiap 1 Juli.
Kasatlantas Polres Blora, Polda Jawa Tengah, AKP Noach Hendrik, S.I.K., M.A., menyampaikan bahwa Lomba Polcil diadakan sebagai wujud Polri peduli pendidikan anak yang bertujuan menciptakan anak didik usia dini berkarakter mulia, tertanam nilai-nilai kejujuran, disiplin, semangat belajar tinggi sehingga terhindar dari perbuatan negatif.
“Melalui Polisi Cilik (Polcil) anak didik usia dini mudah diajarkan untuk mengingat sehingga nantinya bisa menjadi bekal saat menjadi pemimpin dimasa depan, juga melalui polisi cilik dapat membentuk disiplin anak usia dini untuk mewujudkan kecintaan pada aturan dan budaya tertib berlalu lintas,” jelas  Kasat Lantas AKP Noach Hendrik kepada media ini. Kamis,  (15/6/2023).
Ratusan anak mengikuti lomba polisi cilik dalam rangka HUT Bhayangkara ke-77, di GOR Mustika Blora, Jateng.
Foto: Kudnadi Saputro Blora
Polcil yang sudah diseleksi, lanjut Kasatlantas Polres Blora, sejak lama kemudian dilombakan di GOR Mustika Blora, dan Pemenang Lomba Polcil adalah SD Negeri 1 Cepu, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora.
“Piala dan Hadiah langsung diberikan kepada pemenang oleh Kapolres Blora yang diwakili oleh Wakapolres Blora Kompol Riwayat Sosiyanto,” ungkap Kasatlantas Polres Blora.
Lebih lanjut Kasatlantas Polres Blora, mengatakan, bahwa Lomba Polisi Cilik merupakan upaya pembinaan terhadap generasi muda. Para anak muda juga perlu dikenalkan dengan aturan lalu lintas.
Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk kepedulian dan pembinaan kita terhadap generasi muda.
“Kegiatan ini merupakan salah satu modal penting bagi anak-anak untuk mengarahkan, sekaligus memberikan karakter disiplin dan menanamkan kecintaan terhadap dunia polisi,” tandas AKP Noach Hendrik.
Kudnadi Saputro