blank
10 finalis Pemilihan Duta Literasi Kebumen 2023 di Ruang Teater Disarpus Kebumen, Kamis 15/6.(Foto:SB/Komper Wardopo)_

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Muhammad Windifo Diega Putra, siswa MAN 1 Kebumen, berhasil meraih Juara 1 Duta Literasi 2023 yang diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Kebumen, Kamis (15/6).

Grand Final di Ruang Teater Disarpus Kebumen Jalan Veteran diikuti 10 peserta yang lolos seleksi awal. Terdiri atas pelajar setingkat SLTA dan mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta di Kebumen. Acara dibuka Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Perpusnas Elsa Tuasamu, dihadiri Plt Kepala Disarpus Kebumen Ira Puspitasari.

Suasana Grand Final dipandu Novanda Alim Setya Nugraha SS MHum selaku Duta Baca Jateng 2018 berlangsung seru. Para peserta berusaha tampil maksimal menunjukkan keterampilan berkomunikasi dan memaparkan program serta gagasan pengembangan literasi.

Sedangkan Dewan Juri terdiri atas Novanda Alim yang juga dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), Reza Iqbal Pramudya SKom (Duta Bahasa Jateng 2021) serta Komper Wardopo, (wartawan Suarabaru.id dan dosen IAINU Kebumen).

blank
Pembukaan Grand Final Duta Literasi Kebumen 2023 di Ruang Teater Disarpus Kebumen Kamis 15/6.(Foto:SB/Disarpus Kbm)

Plt Kepala Disarpus Kebumen yang juga Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Ira Puspitasari menyatakan, melalui pemilihan Duta Literasi dapat mempromosikan dan melestarikan budaya lokal Kabupaten Kebumen. Duta Literasi menggunakan cerita lokal sebagai media melestarikan budaya kepada generasi muda.

Menurut Ira, para Duta Literasi juga bisa mempromosikan inklusivitas, saling pengertian dan toleransi di antara siswa dan mahasiswa. Bahkan Duta Literasi bisa mendorong kreativitas dan kemampuan berbicara peserta. Melalui lomba, peserta akan diajak mengasah kemampuan bercerita, berkomunikasi dan ekspresi diri secara verbal.

Cinta Budaya Lokal

Ira berharap, Duta Literasi Kebumen mampu menginspirasi perubahan dan inovasi. Mereka dapat menginisiasi gerakan literasi di lingkungan sekolah, kampus dan komunitas secara luas.

“Duta Literasi juga bisa berperan meningkatkan kegemaran membaca, pemeliharan budaya lokal dan menciptakan persatuan dan kesatuan di Kebumen,”ujar Ira.

Sedangkan PPID Perpusnas Elsa Tuasamu dalam sambutannya mengungkapkan, pemilihan Duta Literasi merupakan kegiatan penting bagi kemajuan bangsa, yaitu literasi masyarakat. Memasyarakatkan literasi perlu terus dilakukan. Masyarakat yang literat adalah masyarakat yang mampu mengekspresikan dirinya untuk menjalani hidup bahagia dan sehat.

Menurut Elsa, Pepusnas mengapresiasi Disarpus Kebumen yang berinisiatif menyelenggarakan Pemilihan Duta Literasi sebagai salah satu bentuk stimulasi kepada masyarakat dan pelajar dalam menggerakkan literasi. Sebab keterampilan literasi akan menjadi fondasi utama dalam membangun sebuah bangsa yang cerdas dan mampu berdaya saing.

Sebelumnya Kabid Perpustakaan Disarpus Kebumen Setiya Birawa melaporkan, Pemilihan Duta Literasi 2023 ini mengambil tema “Membangun Generasi Muda Indonesia Gemar Membaca serta Menumbuhkan Karakter Bangsa Melalui Kecintaan Terhadap Budaya Lokal.”

Menurut Setiya, jumlah peserta Pemilihan Duta Literasi Kebumen 2023 semula 42. Setelah melalui tahap seleksi administrasi lolos 39 peserta, dan mengikuti seleksi wawancara serta presentasi. Selanjutnya tiga Dewan Juri menetapkan 10 peserta terbaik masuk Grand Final.

Melalui penampilan dan presentasi, Dewan Juri menetapkan empat Duta Literasi Terbaik Kebumen 2023. Juara 1 diraih Muhammad Windoifo Dieaga Putra, Juara 2 Raichan Sidiq dari MA Yapika Petanahan, Juara 3 Nia Dwi Lestari dari UMNU dan IAINU Kebumen, dan Juara Favorit Andhrea Haning Saputry dari MA Plus Nururrohmah Kuwarasan.

Komper Wardopo