blank
Petugas mengevakuasi korban tenggelam di Embung Jomblang turut Desa Sonokidul, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.  Kamis, 1 Juni 2023. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Seorang warga bernama Mustakoh Bisri (34) ditemukan tewas tenggelam di Embung Jomblang,  Desa Sonokidul, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Kapolsek Kunduran, Polres Blora, AKP Kumaidi , Kamis 1 Juni 2023 menyatakan, korban diketahui Warga Dukuh Kawisan, RT.004 RW.002, Desa Botoreco, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, saat itu korban bersama satu temannya sedang memancing di Embung Jomblang tersebut.

“Kejadian pertama kali berdua memancing mencari ikan. Kemudian salah satu korban terjatuh, kemudian yang satu karena tahu temannya jatuh kemudian menolong. Namun akibatnya justru terbalik, yang terjatuh duluan bisa tertolong bisa kembali ke darat, tapi yang menolong akhirnya tenggelam,” ungkap AKP Kumaidi  ditemui awak media di lokasi kejadian. Kamis (1/6/2023).

Menurut keterangan Kapolsek Kunduran, korban Mustakoh Bisri hendak menolong temannya bernama Septa (14). Tetapi Sapta berhasil diselamatkan sementara Mustakoh Bisri tewas tenggelam akibat kehabisan oksigen.

“Tenggelam kira-kira jam 12.00 WIB. Kemudian diketahui warga jam 13.00 WIB. Kami dengan dari koramil dan masyarakat bersama-sama mencari mulai jam 13.00 WIB,” jelas AKP Kumaidi.

Namun pencarian tidak membuahkan hasil. Akhirnya AKP Kumaidi meminta pertolongan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora untuk membantu mencari korban tersebut.

blank
Petugas Gabungan mencari korban tenggelam di Embung Jomblang turut Desa Sonokidul, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.  Kamis, 1 Juni 2023. Foto: Kudnadi Saputro Blora

“Karena kesulitan kita memanggil BPBD Blora, Alhamdulillah jam 16.00 WIB ditemukan tapi dalam kondisi meninggal,” kata Kapolsek Kunduran.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat sekitar, karena embung ini sangat dalam maka kalau bisa jangan digunakan beraktivitas dulu. “Ini juga ada larangannya, mohon masyarakat bisa menaati larangan yang ada,” pinta  Kapolsek Kunduran, AKP Kumaidi.

Sementara itu, Kepala Dusun (Kadus) Jomblang, Desa Sonokidul, Kecamatan Kunduran,  Suharno mengatakan bahwa benar di embung jomblang telah terjadi orang tenggelam. Mustakoh Bisri dan Septa masih keluarga.

“Tadi mancing bareng. Yang kecil (Septa) tenggelam ditolong pamannya (Mustakoh Bisri), tapi pamannya malah tenggelam. Kemudian yang kecil diselamatkan warga. Sekarang yang kecil dibawa ke puskesmas Sonokidul,” ucap Suharno.

Kudnadi Saputro