blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat yang terdiri atas dosen Fakultas Hukum Universitas Semarang melakukan Sosialisasi tentang Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Pesta Demokrasi di MA NU Mranggen pada 26 Mei 2023. Mereka foto bersama seusai kegiatan. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat yang terdiri atas dosen Fakultas Hukum Universitas Semarang melakukan Sosialisasi tentang Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Pesta Demokrasi di MA NU Mranggen pada 26 Mei 2023.

Tim terdiri atas Ketua Dr.Sukimin,SH.MH, anggota Dr.Subaidah Ratna Juita,SH.MH dan Dharu Triasih,SH.MH. Mereka dibantu dua mahasiswa. Kegiatan dibiayai Universitas Semarang.

Menurut Sukimin, di tahun politik terutama menghadapi Pemilu serentak 2024, pemilih pemula perlu dibekali pemahaman tentang pentingnya partisipasi politik terutama dalam keikutsertaanya dalam memilih calon pemimpin bangsa.

”Pemilih pemula umumnya masih labil dalam menentukan sikap dan pilihannya sehingga sangat mudah dipengaruhi oleh kepentingan politik sesaat. Terkadang tergiur dengan iming-iming agar memilih calon tertentu,” katanya.

Dia berharap, dengan adanya sosialisasi tersebut pemilih pemula lebih memahami bahwa pemilu merupakan hak kedaulatan rakyat dalam melaksanakan demokrasi, sehingga tidak salah pilih tetapi.

”Pemilih pemula harus menjadi pemilih yang cerdas yaitu pemilih yang mengedepankan pilihannya didasarkan pada kualitas, visi dan misi, serta kinerja para calon,” ungkapnya.

Muhaimin