blank
PAMITAN - Jemaah calon haji Kota Tegal berpamitan dengan Forkopimda. (Foto: Sutrisno)

TEGAL ( SUARABARU.ID) – Menghadapi cuaca panas di Saudi Arabia, jamaah calon haji Kota Tegal diminta untuk sering mengkonsumsi air putih saat berada di Tanah Suci. Imbauan tersebut disampaikan oleh Petugas Kesehatan Haji Indonesia (PKHI) Kota Tegal tahun 2023, dr Emy Haryati. Emy menyampaikan hal tersebut, saat Pelepasan Jamaah Calon Haji 1444 H/2023 pada Selasa (23/5/2023), di Pendopo Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal.

Emy menyebutkan bahwa yang perlu diperhatikan karena cuaca siang hari panas dan dingin di malam hari adalah penggunaan Alat Perlindungan Diri (APD) yang sudah dipersiapkan agar jangan sampai lupa untuk dibawa dan digunakan payung, botol spray, sendal dan banyak minum air putih.

Bagi jamaah yang sering ke kamar kecil, Emy menyarankan jamaah bisa minum dengan minum air putih per 10 menit sekali satu atau dua teguk. “Memang tidak boleh lupa minum karena cuaca di Tanah Suci panas,” kata dr. Emy.

Ia juga minyinggung kesiapan jamaah di Kota Tegal, khususnya bagi para lansia yang beresiko dengan penyakit. Jamaah dianjurkan istirahat yang cukup dan membiasakan minum dari sekarang. Sebab minum di Tanah Suci harus mulai dibiasakan di Tanah Air. “Jadi jangan hanya minum saat haus saja,” sebutnya.

Emy juga mengingatkan jamaah yang rutin minum obat, agar jangan lupa untuk membawa obat kebutuhan pribadi. “Yang jelas, ibadah haji merupakan ibadah fisik dan mental. Jadi fisik dan mental harus benar-benar baik dipersiapkan,” tuturnya.

Seperti diketahui Kota Tegal akan memberangkatkan 203 jamaah calon haji pada musim haji tahun 1444 H/2023 ini. Para jamaah terdiri dari 199 jamaah calon haji dan tiga Petugas Haji Daerah (PHD), jamaah perempuan berjumlah 118 jamaah sedangkan laki-laki sebanyak 84 jamaah dengan jamaah termuda berumur 31 tahun dan tertua berumur 87 tahun.

Dalam laporannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal Ahmad Muhdzir menyampaikan Jamaah Calon Haji Kota Tegal masuk Kloter 34 gelombang 1 SOC Solo. Jamaah Calon Haji Kota Tegal akan diberangkatkan dari Balai Kota, Sabtu (3/6/2023) pukul 02.00 WIB dan direncanakan masuk Asrama Haji Donohudan Sabtu (3/6/2023) pukul 10.00 WIB. Kemudian jamaah terbang pada Minggu (4/6/2023) pukul 09.00 WIB dan mendarat di Madinah pada Minggu (4/6/2023) pukul 17.35 WIB. Jemaah calon haji Kota Tegal direncanakan pulang ke Tanah Air pada Minggu (16/7/2023) pukul 15.05 WIB.

Sutrisno