blank
Ilustrasi jenis ikan yang baik untuk pengidap hipertensi. Foto: Dok/Halodoc

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mengkonsumsi ikan, ternyata bisa membantu menurunkan tekanan darah. Tentu saja ini baik untuk pengidap penyakit hipertensi.

Namun, tidak semua jenis ikan bisa membantu menurunkan tekanan darah. Salah satu makanan yang disebut bisa membantu menstabilkan tekanan darah adalah ikan salmon. Jenis ikan yang satu ini bisa membantu menurunkan tekanan darah dan menekan risiko peradangan dalam tubuh.

Melansir dari Halodoc.com, hipertensi adalah penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah yang terlalu tinggi. Kondisi ini terjadi dalam jangka waktu panjang. Kabar buruknya, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dengan baik bisa memicu komplikasi. Penyakit ini bisa meningkatkan risiko terjadi stroke hingga serangan jantung yang mengancam nyawa.

Makanan untuk menurunkan hipertensi

Memilih makanan yang tepat adalah hal yang penting bagi pengidap penyakit ini. Dengan begitu, tekanan darah akan lebih stabil serta risiko munculnya komplikasi bisa dihindari. Salah satu jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah adalah ikan salmon, sebab kaya akan kandungan asam lemak omega-3.

Kandungan asam lemak omega-3 disebut baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan lemak sehat ini dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah. Cara kerjanya adalah dengan menekan peradangan di dalam tubuh. Selain itu, lemak sehat ini juga bisa membantu menurunkan kadar senyawa yang bernama oxylipin, yaitu senyawa yang bisa menyempitkan pembuluh darah.

Selain salmon, jenis ikan lain yang juga mengandung lemak omega-3 bisa menjadi pilihan makanan untuk dikonsumsi oleh pengidap hipertensi. Orang dengan penyakit ini memang harus menjaga dan memastikan tekanan darah selalu terkontrol. Jika tidak, risiko kerusakan pembuluh darah menjadi lebih besar dan bisa berdampak pada kesehatan organ tubuh lainnya.

Makanan lain

Selain mengkonsumsi ikan salmon, ada jenis makanan lain yang juga disarankan untuk dikonsumsi agar tekanan darah selalu terkontrol, diantaranya:

1. Sayuran hijau
Pengidap hipertensi disarankan untuk banyak mengkonsumsi sayuran hijau, seperti brokoli dan bayam. Jenis sayur ini mengandung banyak nutrisi, seperti serat, antioksidan, kalsium, magnesium, kalium, serta potasium. Kandungan nutrisi tersebut bisa menjaga kesehatan pembuluh darah dan mengontrol tekanan darah.

2. Wortel
Selain sayuran hijau, tekanan darah tinggi juga bisa dikontrol dengan konsumsi wortel. Sebab, makanan ini memiliki kandungan senyawa fenolik yang bisa menurunkan tekanan darah.

3. Buah-buahan
Mengontrol tekanan darah juga bisa dilakukan dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan. Ada beberapa jenis buah yang dianjurkan untuk pengidap hipertensi, salah satunya buah bit. Buah ini mengandung nitrat, yaitu senyawa yang dikenal baik untuk melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, disarankan juga untuk mengkonsumsi jenis buah sitrus, seperti jeruk.

4. Yoghurt
Jika memiliki riwayat tekanan darah tinggi, cobalah untuk rutin mengkonsumsi yoghurt dan susu rendah lemak. Susu kaya akan kandungan kalsium dan bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Perlu diketahui, selain makanan yang bisa menurunkan tekanan darah, ada juga jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh pengidap hipertensi. Sebab, jenis makanan ini disebut bisa memicu lonjakan tekanan darah. Pengidap penyakit ini sebaiknya membatasi atau menghindari konsumsi makanan tinggi lemak, makanan olahan, minuman tinggi kafein, serta minuman beralkohol.

Jika tekanan darah tidak kunjung menurun setelah menerapkan pola makan sehat, coba hubungi dokter ya!

Ning S