blank
Parade defile para peserta SNC 2023 melintas di sepanjang jalan di Kawasan Kota Lama Semarang, Jumat (19/5/2023) malam. Foto: Hp

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kota Semarang sukses menggelar Semarang Night Carnival (SNC) tahun 2023 dengan tema “The Luxury”, di Kawasan Kota Lama Semarang, Jumat (19/5/2023) malam.

SNC kali ini pun terasa benar-benar istimewa karena diselenggarakan berbarengan dengan event Kemenparekraf, yakni Semarak Jejak Kreatif Indonesia 2023.

Ribuan masyarakat tumpah ruah memadati jalan yang dilalui defile peserta Semarang Night Carnival untuk menyaksikan secara langsung gelaran SNC tersebut.

“Dengan adanya Jejakk Kreatif ini kan masyarakat sebelum nunggu SNC (mulai) bisa melihat-lihat (rangkaian acara Jejakk Kreatif) gitu ya. Juga ada car free night yang memang agenda rutin tahunan dari kota Semarang. Berangkat dari rangkaian hari jadi sehingga ini bisa dikolaborasi dan menjadi satu kegiatan yang mana saling support,” ujar Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Pada gelaran SNC 2023 kali ini, ada empat subtema defile yaitu Keris, Chandelier, Kipas dan Lotus. Konsep ini menyatukan antara Seni Tari, Seni Drama dan juga Costume Carnival.

Keseluruhan dari SNC ini pada dasarnya menggambarkan perpaduan dari segala aspek kehidupan harmonis di Kota Semarang.

Sekitar 120 peserta dari berbagai unsur masyarakat, seperti pelajar, mahasiswa, umum, dan juga kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut berpartisipasi memeriahkan gelaran SNC 2023.

“Ada kipas (simbol kemewahan). Kemudian keris itu kan (menyimbolkan) Jawa kemudian juga ada Chandelier (mewakili corak Eropa) ini kan Kota Lama gitu ya. Kemudian yang satu lagi adalah bunga lotus. Harapannya masyarakat memahami bahwa ini adalah daya tarik unggulan dari destinasi-destinasi yang digambarkan melalui tema-tema seperti ini,” imbuh Ita, sapaan akrab Wali Kota Semarang.