blank
Menhankam Prabowo Subianto (kiri bertopi pegang mike), menyampaikan sambutan saat melakukan kunjungan ke Koramil-01 Kodim 0801 Pacitan.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Menteri Pertahanan (Menhankam) Republik Indonesia (RI) Prabowo Subianto, Sabtu (20/5), melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pacitan, Jatim. Ini dilakukan, untuk memantau langsung tentang kesiapan TNI di wilayah komando teritorial.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, Prabowo tiba di Kabupaten berjuluk Paradise of Java dengan menggunakan pesawat helikopter lewat jalur udara. Pesawat helikopter yang membawanya, landing di Pangkalan TNI AU Iswahjudi Detasemen Pacitan.

Kedatangannya di Kabupaten Pacitan, disambut Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Nico Fahrizal, Komandan Korem (Danrem) 081 Dhirotsaha Jaya (DSJ) Madiun Kolonel (Inf) Sugiyono, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Wakil Bupati Gagarin beserta jajaran Forkopimda.

Setelah turun dari pesawat helikopter, Menhan Prabowo Subianto, langsung menuju ke Markas Koramil-01 Kodim 0801 Pacitan. Ratusan masyarakat yang sejak pagi menunggu kedatangannya, berebut untuk dapat berjabat tangan.

Dalam kunjungannya tersebut, Menhan melakukan pertemuan langsung dengan para personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) serta melihat kondisi Markas Koramil-01 Pacitan.

Babinsa

Dalam sambutannya, Prabowo Subianto, menegaskan, kunjungannya ke wilayah Komando Teritorial di Pacitan ini, untuk mengecek kesiapan TNI khususnya Koramil dan Babinsa.

”Saya ditugaskan Bapak Presiden, untuk mengecek kesiapan TNI, dan saya memilih untuk mengecek yang berada di ujung tombak. Ujung tombak kita, adalah Babinsa dan Koramil,” tandas Menhan Prabowo Subianto.

Dalam kesempatan tersebut, Menhankam Prabowo menyatakan senang melihat langsung Markas Koramil-01 Kodim 0801 Pacitan, dalam kondisi baik dan rapi. Begitu juga dengan personel Babinsa yang kompak dan disiplin. Hal tersebut, tidak lepas dari perhatian semua pihak, termasuk Pemerintah Daerah.

”Terima kasih, saya cek semangat para Babinsa bagus, disiplinnya bagus, dan saya harap ini dipertahankan. Koramil juga dalam keadaan baik. Terima kasih Pak Bupati, pasti ada dukungan untuk TNI dan Polri,” ujar Menhankam Prabowo Subianto.

Lebih lanjut Prabowo Subianto, mengimbau kepada seluruh komponen bangsa baik TNI, Polri, Pemerintah serta stakeholder lainnya, untuk kompak bersinergi dalam melayani kepentingan rakyat.

Bambang Pur